Sukses

Persiapan Maksimal Sambut BWF World Tour Finals 2023, 6 Wakil Indonesia Ditargetkan Masuk Laga Puncak

Tim bulu tangkis Indonesia siap memberikan penampilan maksimal pada BWF World Tour Finals 2023 yang berlangsung di Hangzhou, China, pada 13-17 Desember.

Liputan6.com, Jakarta - Tim bulu tangkis Indonesia siap memberikan penampilan maksimal pada BWF World Tour Finals 2023 yang berlangsung di Hangzhou, China, pada 13-17 Desember.

“Setelah pulang dari China Masters kemarin, kondisi anak-anak cukup baik. Persiapan juga maksimal. Yang penting mereka bisa jaga kondisi, sehat sampai di sana nanti,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky.

“Ini poin yang besar bisa mereka dapat, poin yang penting untuk ke depan jadi saya harap bermain sebaik mungkin. Setiap sektor punya peluang dan kemampuan untuk lolos dari grup, dan saya mau mereka masuk final dulu,” ujarnya.

Indonesia meloloskan enam wakil ke BWF World Tour Finals 2023. Di nomor tunggal putra ada Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, diikuti oleh Gregoria Mariska Tunjung yang menjadi wakil di sektor tunggal putri.

Lebih lanjut, ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang menjadi wakil Indonesia di nomor ganda putri. Sementara di ganda putra ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

“Tahun ini pastinya saya mau hasil yang lebih baik dari tahun lalu. Tapi undiannya belum tahu seperti apa jadi mau fokus dulu mematangkan persiapan di sana nanti,” kata Gregoria.

“Mau masuk grup mana pun pasti sulit karena semua yang main di sini adalah delapan pemain yang bagus semua. Di tahun lalu jadi contoh dan itu juga jadi pembelajaran buat saya,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fajri Bidik Peningkatan Prestasi

Senada dengan Gregoria, Fajar/Rian juga bertekad untuk mendapat hasil yang lebih baik dibandingkan tahun lalu. Pada 2022, pasangan berjuluk FajRi itu terhenti di babak semifinal oleh pasangan China Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

“Yang pasti senang bisa kembali lolos ke World Tour Finals, tapi hasil di pertengahan tahun sampai akhir tahun ini kurang baik. Jadi semoga kami bisa kembali mendapat hasil yang lebih baik,” kata Fajar.

“Lawan semakin ke sini semakin sulit, dari pertama tidak ada yang mudah, jadi kami mau fokus satu demi satu,” imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Rapor Indonesia di BWF World Tour FInals 2023

Indonesia berada di peringkat tiga dalam daftar negara dengan peserta terbanyak, hanya kalah dari Korea Selatan (8) dan China (10), pada BWF World Tour Finals 2023. Seluruh kontestan kini menunggu hasil undian fase grup yang bakal berlangsung dalam waktu dekat.

Sepanjang sejarah penyelenggaraan (sejak 2018), Indonesia baru merebut satu gelar di turnamen bulu tangkis yang menyediakan hadiah total dua juta dolar AS ini. Prestasi tunggal itu dipersembahkan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.