Sukses

Hasil Undian Euro 2024: Spanyol dan Italia Masuk Grup Neraka

Liputan6.com, Jakarta- Undian Euro 2024 dilakukan UEFA pada Minggu (3/12/2023) dini hari WIB di Elbphilarmonie, Hamburg, Jerman. Hasilnya ada satu grup neraka yang tercipta dimana Spanyol, Italia, dan Kroasia tergabung dalam satu grup yang sama.

Spanyol, Italia, dan Kroasia masuk di Grup B. Satu tim lainnya di grup ini adalah Albania. Grup B menjadi grup paling berat dan sengit mengingat Italia dan Spanyol pernah menjadi juara. Sedangkan Kroasia kerap merepotkan di turnamen besar seperti Piala Dunia dan Euro.

Hadirnya grup neraka ini sudah diprediksi sebelumnya setelah Italia tidak menjadi unggulan. Meski merupakan juara bertahan, Gli Azzurri bahkan harus puas ditempatkan di pot terakhir saat undian dilakukan.

Pasalnya prestasi Italia merosot drastis akhir-akhir ini. Mereka juga lolos ke Euro 2024 dengan susah payah setelah bermain imbang tanpa gol dengan Ukraina di laga terakhir. Pada pertandingan itu pasukan Luciano Spalletti nyaris kalah jika wasit memberikan penalti di menit akhir untuk Ukraina.

Sementara itu Jerman selaku tuan rumah mendapat undian relatif enteng. Der Panzer masuk Grup A bersama Hungaria, Skotlandia, dan Swiss.

Inggris juga dapat sedikit tersenyum dengan hasil undian Piala Eropa 2024. The Three Lions segrup dengan Denmark, Slovenia, dan Serbia di Grup C.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasib Prancis dan Portugal

Yang kurang beruntung adalah finalis Piala Dunia 2022, Prancis. Les Bleus agak sedikit berat dengan hasil undian karena segrup dengan Belanda di Grup D. Dua tim lain di grup ini adalah Austria dan pemenang playoff jalur A antara Wales, Polandia, Finlandia, atau Estonia.

Adapun Grup E akan berisi Belgia, Rumania, Slovakia, dan pemenang playoff jalur B (Israel, Bosnia-Herzegovina, Ukraina, atau Islandia).

Portugal akan masuk Grup F. Disana Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan akan berhadapan dengan Turki, Republik Ceko, serta pemenang playoff jalur C (Georgia, Luksemburg, Yunani, dan Kazakhstan).

Euro 2024 akan berlangsung mulai 14 Juni 2024 hingga 14 Juli. Partai final akan berlangsung di Berlin. Laga pembukaan mempertemukan Jerman dengan Skotlandia di Munchen.

3 dari 3 halaman

Hasil Undian Piala Eropa 2024

Grup A: Jerman, Hungaria, Skotlandia, Swiss

Grup B: Spanyol, Albania, Kroasia, Italia

Grup C: Inggris, Denmark, Slovenia, Serbia

Grup D: Prancis, Austria, Belanda, pemenang playoff A

Grup E: Belgia, Rumania, Slovakia, pemenang playoff B

Grup F: Portugal, Turki, Republik Ceko, pemenang playoff C

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.