Sukses

6 Tim Bersaing Menjadi yang Terbaik di Liga 1 Esports Nasional 2023

Borneo FC Esports termasuk salah satu tim yang lolos ke babak play-off Liga 1 Esports Nasional 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Liga 1 Esports Nasional 2023 sudah memasuki tahap akhir yakni babak play-off. Enam tim bersaing ketat memperebutkan gelar juara mulai 1 Desember 2023 sampai 3 Desember 2023 di Mahaka Square, Jakarta Utara.

Keenam tim yang ikut play-off Liga 1 Esports Nasional 2023 adalah Borneo FC Esport Samarinda, Onic Miracle Jakarta Selatan, Suber 24 Samarinda, Team Gryffin Badung dan Pajajaran Esports Bogor.

Liga Esports Nasional 2023 merupakan edisi pertama sehingga cuma mempertandingkan game Mobile Legends: Bang Bang. Total hadiah yang disediakan mencapai Rp 2 miliar. Untuk play-off sendiri, format yang dipakai adalah best of three. Sedangkan di grand final baru akan memakai best of five.

"Play-off ini mempertandingkan enam tim terbaik dari seleksi total 25.000 tim yang sudah berkompetisi dari Liga 3 kemarin. Tujuannya adalah Liga Esports Nasional ini tersebar, terbuka dan tertata. Intinya percepatan ekosistem esports Indonesia biar jauh lebih profesional, jauh lebih terbuka sehingga siapa aja bisa berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di pentas dunia," kata Kepala Bidang Atlet, Prestasi dan IT, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Ricky Setiawan kepada pewarta.

Sebelumnya Liga 1 Liga Esports Nasional 2023 telah digelar di empat kota yakni Palembang, Pontianak, Surabaya dan Makassar.

Dalam kompetisi ke depannya, Ricky Setiawan mengatakan akan berkemungkinan memasukkan nomor perlombaan game lain selain Mobile Legneds: Bang Bang dan juga akan menambah jumlah kota penyelenggara series.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan Besar PB ESI

PB ESI mulai menggelar Liga Esports Nasional tahun ini dengan format mirip kompetisi sepak bola dimana ada kasta pertama, kedua dan ketiga dengan harapan bisa semakin memicu kebangkitan esports dan melahirkan talenta berbakat dari berbagai daerah.

"Liga Esports Nasional 2023 yang diselenggarakan PB ESI bersama Garudaku merupakan penegasan misi kami dalam pengembangan esports secara inklusif serta memberikan peluang bagi talenta-talenta esports di seluruh penjuru tanah air untuk bersinar di panggung esports nasional," kata Wakil Ketua Harian PB ESI Kartikajaya kepada pewarta di Jakarta, Jumat.

3 dari 3 halaman

Bakal Lebih Banyak Game Tahun Depan

"Liga Esports Nasional diharapkan dapat menyajikan lebih banyak nomor game, dengan memberikan tempat sejajar dengan gim lokal. Tak hanya itu, kami ingin melibatkan lebih banyak atlet dan tim agar terciptanya panggung yang lebih megah bagi seluruh komunitas esports di Indonesia," sambung Kartikajaya.

Guna memeriahkan play-off Liga Esports Nasional 2023, juga digelar Mini Turnamen di lokasi. Game yang akan dipertandingkan di Mini Turnamen: PES, Tekken 7, MLBB Squad 5v5, Free Fire Solo, dan PUBGM Solo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini