Sukses

Hasil BRI Liga 1: Akhiri Tren Tanpa Kemenangan, PSS Sleman Hajar Barito Putera 2-1

PSS Sleman sukses mengakhiri tren tanpa kemenangan di BRI Liga 1 2023/2024. Usai menjalani 10 laga tanpa torehan 3 poin, Super Elang Jawa akhirnya sanggup memetik hasil maksimal saat menjamu Barito Putera di pekan ke-20 pada Minggu (26/11/2023) sore WIB.

Liputan6.com, Jakarta - PSS Sleman sukses mengakhiri tren tanpa kemenangan di BRI Liga 1 2023/2024. Usai menjalani 10 laga tanpa torehan 3 poin, Super Elang Jawa akhirnya sanggup memetik hasil maksimal saat menjamu Barito Putera di pekan ke-20, Minggu (26/11/2023) sore WIB.

Adalah Jihad Ayoub dan Hokky Caraka yang menjadi bintang kemenangan PSS di pertandingan melawan Barito. Mereka menyumbang masing-masing satu gol bagi timnya yang gagal diseimbangkan Laskar Antasari hingga peluit panjang berbunyi.

PSS Sleman memulai laga kontra Barito Putera tanpa dukungan dari suporter. Super Elang Jawa sebelumnya dijatuhi sanksi oleh Komite Disiplin (Komdis) PSSI yang memaksa mereka harus rela melakoni tiga duel kandang tanpa penonton di BRI Liga 1 2023/2024.

Tekanan makin terasa mengingat pertandingan kali ini sekaligus menandai debut Risto Vidakovic bersama Super Elja. Pelatih asal Serbia itu didapuk menjadi pengganti Bertand Crasson yang gagal dianggap membawa PSS Sleman keluar dari tren negatif.

Semula, kedua kesebelasan nampak sama-sama kesulitan memecah kebuntuan. Tak ada gol yang tercipta sejak awal babak pertama hingga laga berjalan lebih dari 30 menit.

Barulah pada menit 33, Super Elang Jawa sanggup mengubah kedudukan di papan skor. Heading Jihad Ayoub yang memanfaatkan umpan Jonathan Bustos gagal diselamatkan oleh Ega Rizky Parama. Alhasil PSS Sleman unggul sementara 1-0 atas tim tamu.

Barito Putera gagal mengejar ketertinggalan sampai pengujung babak pertama. Peluang yang didapat belum mampu dimanfaatkan degan maksimal, sehinga skor 1-0 untuk PSS bertahan hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua PSS Sleman vs Barito Putera

Barito Putera mencoba mencari celah untuk menyamakan kedudukan di babak kedua. Kesempatan pun diperoleh pada menit 49. Hasyim Kipuw melakukan eksekusi tendangan bebas yang mengarah langsung ke gawang dan berpotensi menghasilkan angka penyeimbang andai Anthony Pinthus gagal menyelamatkan si kulit bundar.

Memasuki menit 58, gantian PSS Sleman yang mendapat peluang untuk mencetak gol kedua. Hokky Caraka itu bergerak mendekati kotak penalti, tetapi eksekusinya masih gagal bersarang di gawang Barito.

Barulah pada menit 70 Hokky berhasil mencatatkan nama di papan skor. Memanfaatkan umpan Abduh Lestaluhu, pesepak bola berusia 19 tahun beraksi tanpa pengawalan dan menembak si kulit bundar dengan tendangan kaki kiri. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Super Elja belum jemu-jemu menggempur lini pertahanan Barito Putera meski sudah unggul dua gol. Ajak Riak nyaris menambah torehan angka tuan rumah pada menit 81, tetapi eksekusinya masih membentur tiang gawang.

Barito Putera akhirnya bisa memanaskan persaingan tak lama berselang. Eksel Runtukahu memanfaatkan bola muntah yang tercipta di depan gawang PSS di menit 84 untuk mencetak gol pertama Laskar Antasari.

PSS Sleman mencoba menjauhkan skor dari Barito Putera mendekati pengujung bola. Jihad Ayoub hampir menciptakan brace di menit 90+1 andai bola yang dilesakkannya tak menabrak mistar gawang.

Tak ada gol baru yang tercipta setelahnya. Laga berakhir dengan 2-1 untuk keunggulan PSS Sleman. Drama sempat mewarnai akhir pertandingan ketika Rizky Pora diganjar kartu merah oleh wasit. Namun, situasi ini tak mengubah selebrasi tuan rumah pada pengujung laga.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain PSS Sleman vs Barito Putera

PSS Sleman: Anthony Pinthus; Bayu Setiawan, Nur Diansyah, Thales, Muhammad Abduh Lestaluhu; Jonathan Bustos, Jihad Ayoub, Wahyudi Hamisi; Todd Rivaldo Ferre, Hokky Caraka, Esteban Vizcarra

Barito Putera: Ega Rizky Parama; Bagas Kaffa, Carli de Murga, Muhamad Firly, Frendi Saputra; Bayu Pradana; Abdul Aziz, Mike Ott, Murilo Mendes; Gustavo Tocantins, Bagus Kahfi

4 dari 4 halaman

Peta Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.