Sukses

Susah Payah Lolos ke Euro 2024, Italia Terancam Masuk Grup Neraka

Liputan6.com, Jakarta- Italia susah payah memastikan diri lolos langsung ke putaran final Euro 2024 atau Piala Eropa 2024. Mereka harus berjuang hingga laga terakhir melawan Ukraina pada Selasa (21/11/2023) dini hari WIB.

Gli Azzurri akhirnya lolos sebagai runner-up Grup C di bawah Inggris. Italia melenggang setelah menahan imbang Ukraina tanpa gol. Pasukan Luciano Spalletti cuma unggul selisih gol saja dari Ukraina yang harus puas finis di posisi tiga Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Bahkan Italia nyaris saja kalah dari Ukraina. Di menit akhir pertandingan terjadi kontroversi ketika wasit tak memberikan penalti untuk Ukraina ketika winger Mykhailo Mudryk terjatuh di kotak terlarang.

Setelah lolos dari lubang jarum, Italia kini terancam masuk grup neraka di putaran final Euro 2024. Seperti dilaporkan Football Italia, Gianluigi Donnarumma dan kawan-kawan resmi ditempatkan UEFA di pot terbawah saat undian Euro 2024.

Italia masuk di Pot 4 bersama Swiss, Serbia dan tiga tim pemenang play-off. Tim-tim yang akan ikut play-off adalah Bosnia Herzegovina, Estonia, Finlandia, Georgia, Yunani, Islandia, Israel, Kazakhstan, Luksemburg, Polandia, Ukraina, dan Wales.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belanda di Pot 3

Pot 1 yang merupakan unggulan utama diisi oleh tuan rumah Jerman, Portugal, Prancis, Spanyol, Belgia dan Inggris. Sedangkan Pot 2 dihuni Denmark, Hongaria, Austria, Albania, Turki dan Rumania.

Belanda harus puas masuk pot 3 bersama Skotlandia, Slovenia, Slowakia, Republik Ceko dan Kroasia. Akan sangat menarik jika Italia harus satu grup dengan Belanda atau Kroasia sehingga bakal tercipta grup neraka ditambah kontestan dari Pot 1.

3 dari 3 halaman

Undian Euro 2024 Digelar Awal Desember

Undian Euro 2024 sendiri rencananya akan dilakukan UEFA pada 2 Desember 2023. Namun tim-tim yang ikut play-off baru diketahui siapa-siapa yang lolos pada Maret 2024 nanti.

Italia bisa tak menjadi unggulan dalam undian Euro 2024 karena prestasi yang loyo. Meski merupakan juara bertahan Euro 2020, Italia tidak lolos ke Piala Dunia 2022. Performa tim selama kualifikasi Euro 2024 juga sangat memprihatinkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini