Sukses

Hasil Kualifikasi Euro 2024: Italia dan Republik Ceko Lolos ke Putaran Final, Inggris Main Imbang

Unggul selisih gol, Italia lolos ke putaran final usai bermain seri lawan Ukraina dalam duel matchday 10 Kualifikasi Euro 2024 Grup C.

Liputan6.com, Jakarta Italia berhasil menahan imbang Ukraina tanpa gol dalam duel matchday 10 Kualifikasi Euro 2024 Grup C, Selasa dini hari WIB (21/11/2023). Laga berjalan sengit karena sebetulnya kedua tim butuh kemenangan agar lolos ke babak selanjutnya.

Namun, dengan hasil seri ini Italia dipastikan melangkah ke putaran final Euro 2024. Sedangkan, Ukraina masih punya peluang lolos ke Piala Eropa melalui jalur play-off.

Republik Ceko juga mengemas tiket ke Euro 2024 usai menundukkan Moldova 3-0 di laga terakhir Grup E dini hari tadi. Pada matchday terakhir kualifikasi, Slovenia memastikan maju ke babak selanjutnya usai mengalahkan Kazakhstan 2-1 dalam lanjutan laga Grup H.

Pada pertandingan Italia kontra Ukraina di BayArena, Jerman, duel dua tim ini memperebutkan satu tiket lolos langsung sebagai runner-up Grup C. Jumlah poin keduanya sama, Italia unggul selisih gol.

Situasi itu membuat pertandingan berjalan sengit. Italia mendapatkan momentum, tapi tidak bisa mencetak gol. Ukraina pun bangkit di babak kedua, sayangnya juga tidak bisa mencetak gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Peluang, Italia Gagal Ciptakan Gol

Italia langsung mengurung Ukraina dan menciptakan sejumlah peluang berbahaya. Dominasi Italia terus bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, Italia tampak kesulitan masuk ke kotak penalti lawan. Ukraina mulai berada di atas angin karena berhasil menahan gempuran Italia. Memasuki 20 menit akhir, giliran Ukraina yang tampak berbahaya dalam skema serangan balik.

Ukraina terus mencoba di 10 menit akhir, tapi Italia bisa mengontrol pertahanan dengan cukup baik. Skor 0-0 menutup duel 90 menit.

3 dari 3 halaman

Inggris Dipaksa Makedonia Utara Bermain Imbang

Sementara itu, Inggris tampil cukup baik untuk mengatasi tuan rumah Makedonia Utara dengan skor 1-1 dalam duel matchday 10 Kualifikasi Euro 2024 Grup C, Selasa dini hari tadi.

Bertandang ke Tose Proeski Arena, Inggris bermain lepas karena sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2024. Gareth Southgate coba merotasi skuadnya untuk laga ini.

Makedonia Utara pun bermain cukup baik. Mereka unggul lebih dahulu lewat gol Enis Bardhi di menit ke-41, tapi kemudian gol bunuh diri Jani Atanasov di menit ke-59 menguntungkan Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.