Sukses

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024: Inggris Melaju Mulus ke Euro 2024, Italia Pertaruhkan Kelolosan Lawan Ukraina

Timnas Inggris tanpa halangan berarti berhasil melaju mulus ke Euro 2024 usai menang 2-0 atas Malta. Sedangkan kemenangan 5-2 Itaia atas Makedonia Utara membuat Gli Azzuri pertaruhkan kelolosan di laga terakhir lawan Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta Inggris berhasil melaju mulus di kualifikasi Piala Eropa 2024 usai menang 2-0 atas Malta pada pertandingan yang berlangsung di stadion Wembley, Sabtu (18/11/2023) dini hari WIB. Dua gol dari gol bunuh diri E Pepe dan Harry Kane pastikan Inggris lolos ke Piala Eropa 2024.

Melawan tim juru kunci, Inggris tetap serius melawan Malta. Fikayo Tomori, Harry Maguire, Jordan Henderson dan Harry Kane masih turun sebagai starter.

Perbedaan kualitas membuat Malta yang sudah kalah 8 kali di kualifikasi Piala Eropa 2024 main gugup. Inggris membuka skor di menit ke-8 lewat gol bunuh diri dari Enrice Pepe.

Berniat untuk menghalau bola dari umpan silang Phil Foden, Pepe mengarahkannya ke arah kiper Malta yang menepisnya ke atas tapi malah mantul dan masuk ke gawang sendiri.

Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama. Babak kedua, Inggris memasukkan Bukayo Saka dan Kyle Walker.

Namun baru menit ke-75, Inggris menambah gol lewat Harry Kane. Dua pemain pengganti berperan atas proses gol kedua Inggris.

Berawal dari pergerakan Kyle Walker yang memberi umpan kepada Foden yang meneruskan lagi bola kepada Bukayo Saka. Penyerang Arsenal ini pun langsung menemukan Harry Kane yang dengan mudah mencetak gol lewat kaki kanannya.

Kemenangan ini mengukuhkan Inggris di posisi puncak klasemen grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024. 19 poin yang diraih Inggris tak terkejar Italia dan Ukraina yang ada di bawahnya.

Susunan Pemain Inggris vs Malta

ENGLAND (4-3-3): Jordan Pickford; Kieran Trippier, Marc Guehi, Harry Maguire, Fikayo Tomori; Trent Alexander-Arnold, Jordan Henderson, Conor Gallagher; Phil Foden, Harry Kane, Marcus Rashford.

MALTA (3-5-2): Henry Bonello; Steve Borg, Enrico Pepe, Jean Borg; Joseph Mbong, Yannick Yankam, Matthew Guillaumier, Teddy Teuma, Ryan Camenzuli; Paul Mbong, Kemar Reid.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Italia Pertaruhkan Nasib ke Euro 2024 Lawan Ukraina

 

Sementara itu, Italia memperbesar peluang untuk lolos Piala Eropa usai menang 5-2 atas Makedonia. Lima gol Italia dicetak Mateo Darmian, Federico Chiesa (2 gol), G Raspadori dan Stephane El Shaarawy.

Makedonia sendiri sempat memberi perlawan lewat dua gol J Atanasov. Dengan kemenangan ini, Italia sama-sama memiliki 13 poin dengan Ukraina.

Laga terakhir melawan Ukraina bakal jadi penentu kelolosan. Ini bakal jadi duel hidup dan mati bagi Italia yang main di kandang Ukraina pada Selasa (21/11/2023).

Susunan Pemain Italia vs Makedonia di Kualifikasi Piala Eropa 2024:

ITALIA (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Matteo Darmian, Federico Gatti, Francesco Acerbi, Federico Dimarco; Nicolo Barella, Jorginho, Giacomo Bonaventura; Domenico Berardi, Giacomo Raspadori, Federico Chiesa.

MAKEDONIA (4-2-3-1): Stole Dimitrievski; Jovan Manev, Nikola Serafimov, Visar Musliu, Bojan Dimoski; Agon Elezi, Arijan Ademi; Ezgjan Alioski, Enis Bardhi, Eljif Elmas; Bojan Miovski.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Lengkap Kualifikasi Piala Eropa 2024

 

Finlandia 4-0 Irlandia Utara

Moldova 1-1 Albania

Denmark 2-1 Slovenia

Inggris 2-0 Malta

Italia 5-2 Makedonia

Moldova 1-1 Albania

Polandia 1-1 Ceko

Kazakhstan 3-1 San Marino

Filandia 4-0 Irlandia Utara

Denmark 2-1 Solvenia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.