Sukses

Kalah dari Maroko di Piala Dunia U-17 2023, Ketum PSSI Tetap Bangga Lihat Timnas Indonesia: Maunya Sih Dua Kali Seri dan Sekali Menang

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan bahwa dia tetap merasa bangga terhadap upaya yang diperlihatkan oleh Garuda Muda.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-17 baru saja menelan kekalahan yang signifikan dalam pertandingan melawan Maroko dengan skor 1-3, Kamis (16/11/2023). Meski demikian, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan bahwa dia tetap merasa bangga terhadap upaya yang diperlihatkan oleh Garuda Muda. 

"Meski secara ranking (FIFA) Indonesia terbawah, tapi para pemain telah mencoba yang terbaik, maunya sih dua kali seri dan satu kali menang, tapi belum dikasih," ujar Erick dilansir dari Antara.

Diketahui Maroko telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 dan sekaligus meraih gelar juara grup A. sedangkan Indonesia tetap berada di peringkat tiga dengan total dua poin.

Erick menyampaikan bahwa prestasi yang diperoleh dalam Piala Dunia U-17 2023 menjadi motivasi bagi PSSI untuk meningkatkan persiapan tim, khususnya untuk para pemain Timnas Indonesia U-17 yang akan menjadi pondasi timnas senior di masa yang akan datang.  

"Dari timnas Indonesia U-17 ini mungkin ada lebih dari setengah potensi pemain tim nasional muda kita ke depan yang harus dijaga. Jangan sampai mereka dengan hasil hari ini tidak berkembang, mereka masih muda-muda, kita harus terus bina mereka untuk program jangka panjang," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Lebih Sering Melakukan Uji Coba

Erick berencana untuk meningkatkan frekuensi uji coba bagi Timnas Indonesia U-17, dengan keyakinan bahwa menghadapi tim-tim kelas dunia secara rutin akan membantu meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri para pemain Garuda Muda tersebut.  

"Biasanya di FIFA Matchday selalu kami fokus timnas senior, tapi kalau di negara lain tim putrinya tanding, tim juniornya juga tanding. Ini yang harus diubah pola pikir kami. Nanti juga ada kejuaraan dunia U-20 pada 2025 yang harus kami persiapkan dari sekarang," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Masih Bisa Lolos

Timnas Indonesia U-17 masih memiliki kesempatan untuk melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Saat ini, Garuda Muda berada di posisi keempat dalam pemeringkatan posisi tiga terbaik, unggul atas Timnas Meksiko U-17 yang mengumpulkan satu poin dan Timnas Korea Selatan U-17 yang belum meraih poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini