Sukses

Ratu Tisha: Piala Dunia U-17 2023 Beri Banyak Pelajaran Untuk PSSI

Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, mengungkapkan bahwa pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia memiliki potensi menjadi banyak pembelajaran bagi PSSI dari FIFA.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, mengungkapkan bahwa pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia memiliki potensi menjadi kesempatan berharga bagi PSSI untuk mendapatkan banyak pembelajaran dari FIFA. 

Ia menekankan bahwa Piala Dunia U-17 2023 merupakan kesempatan untuk mentransfer pengetahuan, karena salah satu alasan utama FIFA memilih Indonesia sebagai tuan rumah turnamen ini adalah untuk mendukung perkembangan sepak bola di negara tersebut. 

"Pengetahuan yang diterima dapat direfleksikan untuk penyelenggaraan liga karena pada akhirnya, kepercayaan yang telah diberikan FIFA untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023 ini, alasan utamanya adalah 'football development'," ucap Ratu Tisha dalam konferensi pers Piala Dunia U-17 2023 di Hotel Zolia Zigna, Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Tisha memberikan contoh bahwa salah satu hal krusial yang menjadi pelajaran dari pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023 adalah manajemen pertandingan.  

"Area utama yang penting untuk dipelajari yakni 'match management'. Makanya, 'Head of Competition' di area LOC diisi oleh Direktur Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Hal itu dilakukan agar knowledge transfer-nya bisa langsung diimplementasikan untuk perbaikan-perbaikan di Liga Indonesia," tuturnya.

Diketahui Piala Dunia U-17 2023 merupakan edisi ke-19 dari turnamen tersebut, dan Indonesia menjadi tuan rumah. Kompetisi ini telah dimulai sejak 10 November 2023 dan dijadwalkan akan berakhir pada 2 Desember 2023.

Ini merupakan pengalaman pertama bagi Indonesia sebagai penyelenggara turnamen FIFA, serta menjadi penyelenggaraan perdana Piala Dunia U-17 di wilayah Asia Tenggara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebut Piala Dunia U-17 Bukan Hanya Soal Pemain

Ratu Tisha menyebutkan bahwa pihaknya telah menunjuk individu khusus dalam panitia kejuaraan dengan tujuan agar mereka dapat mengaplikasikan pengalaman mereka secara langsung dalam upaya meningkatkan manajemen kompetisi. 

"Sejalan dengan tema penyelenggaraan yang ditetapkan FIFA yaitu Inspiring Stars, maka Piala Dunia U-17 tidak hanya soal pemain, tetapi juga pelatih, wasit, administrator, seluruh area "event organizer", media, "communication brand", dan lain-lain, agar dapat menginspirasi bagaimana Piala Dunia U-17 2023 diselenggarakan sesuai standar FIFA," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Diharapkan dapat Mendorong Industri di Indonesia

Selain fokus utama pada aspek sepak bola, diharapkan bahwa Piala Dunia U-17 2023 juga dapat berkontribusi secara positif terhadap sektor ekonomi. Tujuannya adalah agar acara ini dapat menjadi pendorong untuk pertumbuhan industri olahraga di Indonesia.

Sesuai dengan petunjuk dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Piala Dunia U-17 diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi industri sepak bola Indonesia di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, pihak terkait sangat berfokus pada dampaknya terhadap perkembangan sepak bola nasional dan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi dalam membangun industri olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.