Sukses

Atlet Panjat Tebing Indonesia Kembali Rebut Tiket Berlaga di Olimpiade 2024

Rahmad Adi Mulyono berhasil menjadi juara disiplin speed pada Kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023 di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta- Cabang olahraga panjat tebing kembali memberikan prestasi membanggakan bagi Indonesia. Pada Minggu (12/11/2023), panjat tebing menambah satu tiket untuk berlaga di Olimpiade 2024 yang berlangsung di Paris. Rahmad Adi Mulyono merebut tiket berlaga Paris, Prancis, tahun depan.

Rahmad dipastikan lolos setelah menjuarai disiplin Speed pada Kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023 di Jakarta. Kualifikasi dimulai dengan mempertemukan 24 atlet putra dan 16 atlet putri. Keseluruhan atlet tersebut bertanding dua kali, dengan jalur lintasan berbeda. Kemudian diambil 16 atlet putera dan delapan atlet putri, untuk kembali menguji kecepatan di babak final.

Pada kategori putra, keseluruhan atlet Indonesia yang ikut serta dalam disiplin ini berhasil lolos ke babak final. Ketiga atlet tersebut adalah Kiromal Katibin, Veddriq Leonardo dan Rahnad Adi Mulyono.

Dalam babak final Rahmad Adi Mulyono berhasil melewati tantangan atlet lain. Termasuk mengalahkan pemegang rekor dunia kecepatan panjat tebing, Veddriq Leonardo pada babak semi-final. Di babak final Rahmad Adi Mulyono bertemu dengan Kiromal Katibin, yang berhasil mengatasi hadangan atlet Jepang, Ryo Omasa.

Pada saat pertandingan terakhir final, yang mempertemukan dua atlet Indonesia, terlihat Katibin mengalami masalah. Ia terpeleset ketika sedang memanjat, sehingga Rahmad Adi Mulyono dengan mudah melewatinya, dan mencapai puncak lebih dahulu. Dengan demikian Rahmad Adi Mulyono menjadi juara, dengan catatan waktu 5.35 detik.

Dengan kemenangan ini juga maka ia berhak mendapatkan kesempatan bertanding di Olimpiade 2024 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kategori Putri Sudah Lebih Dulu Dapat Tiket Olimpiade 2024

 

Di kategori putri, tiga orang atlet Indonesia juga berhasil mencapai putaran final. Ketiga atlet tersebut adalah Mutia Amanda Narda, Nurul Iqomah, dan Rajiah Sallsabillah. Sayangnya ketiga atlet Indonesia tersebut hanya Rajiah Sallsabillah yang berhasil menjadi juara ketiga.

Rajiah sendiri berhasil menjadi juara ketiga setelah mengalahkan rekan satu negaranya Nurul Iqomah. Mereka bertemu pada perebutan tempat ketiga, setelah kalah dari atlet China dan Korea. Pemenang utama dari kategori ini adalah atlet China, Deng Lijuan. Sehingga ia yang berhak mendapat jatah Asia menuju Olimpiade Paris 2024.

Dengan hasil tersebut berarti sudah ada dua atlet panjat tebing Indonesia yang berhak lolos bertanding di Olimpiade Paris 2024. Satu tiket sebelumnya dipegang oleh Desak Made Rita Kusuma Dewi. Kemudian pada event kali ini, tiket bertambah dengan Rahmad Adi Mulyono menjadi juara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.