Sukses

Profil Arkhan Kaka: Juru Gedor Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Arkhan Kaka akan menjadi andalan Timnas Indonesia U-17 dalam mencetak gol pada Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung 10 November sampai 2 Desember.

Liputan6.com, Jakarta - Arkhan Kaka merupakan salah satu striker Timnas Indonesia U-17 pada Piala Dunia U-17 2023. Pemain berusia 16 tahun itu bakal menjadi sorotan publik sepak bola Tanah Air dalam kompetisi yang digelar di Indonesia dari 10 November sampai 2 Desember

Nama Arkhan Kaka kali pertama mencuat pada Piala AFF U-16 2022. Ketika itu, pesepak bola kelahiran Blitar, Jawa Timur, 2 September 2007 membantu skuat Garuda Mudah memenangkan gelar juara.

Sukses bersama Timnas Indonesia U-16, Arkhan lkemudian promosi ke level U-17. Dia mencetak empat gol alias quattrick pada laga melawan Guam dalam kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Total, Arkhan Kaka mencetak gol dalam babak kualifikasi. Sayang, ia gagal membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia U-17 2023 karena kalah 1-5 dari Malaysia.

Situs FIFA menetapkan Arkhan Kaka sebagai salah satu calon pemain Asia terbaik di Piala Dunia U-17 2023. Ia dinilai sebagai seorang striker yang memiliki naluri dan cerdas dengan kemampuan mencetak gol yang luar biasa.

Kelebihan Arkhan Kaka diharapkan mampu membawa Timnas Indonesia U-17 meraih hasil bague pada Piala Dunia U-17. "Semua tim di Grup A kuat termasuk Ekuador, Panama, dan Maroko. Termasuk kami pun sama-sama kuat. Ya kami semangat dan kerja keras," kata Arkhan Kaka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karier Arkhan Kaka

Arkhan Kaka memulai karier sepak bola di Blitar, kampung halamannya. Dia pernah memperkuat PSBK Blitar dan pernah menjadi bagian dari tim U-16 klub Bhayangkara FC.

Sejak Februari 2022, Arkhan Kaka direkrut Persis Solo. Seperti dilansir Transfermarkt, kontraknya baru akan berakhir pada 21 Februari 2027.

Debut Arkhan Kaka bersama tim senior Persis dimulai pada pekan ke-32 BRI Liga 1 2022/2023 melawan Persib Bandung. Dia dimainkan pada menit ke-70, menggantikan Irfan Bachdim.

Ketika itu, Arkhan Kaka baru berusia 15 tahun, tujuh bulan, dan dua hari. Dia menjadi pemain termuda yang menjalani debut di era Liga 1.

 

3 dari 3 halaman

Darah Sepak Bola Arkhan Kaka dari Ayah

Darah sepak bola Arkhan Kaka datang dari sang ayah, Purwanto Suwondo. Sang ayah pernah bermain untuk sejumlah klub di Tanah Air.

Purwanto pernah memperkuat Persebaya Surabaya, Arema, PSIS Semarang, Persela Lamongan, Semen Padang, dan sejumlah klub lainnya. Dia juga pernah menjadi andalan Timnas Indonesia.

Purwanto pernah tampil pada SEA Games 2001 di Malaysia dan Vietnam dua tahun berikutnya. "Waktu itu zamannya Bambang Pamungkas, Kurniawan (Dwi Yulianto), Elie Aiboy," tutur Purwanto soal bermain di SEA Games.

Kini, Purwanto tengah meniti karier sebagai pelatih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.