Sukses

200 Petenis Muda Panaskan Persaingan di Kejurnas Junior Piala Dudung Abdurachman

Kejuaraan Nasional Tenis Junior kembali bergulir pada 2023. Turnamen yang dihelat oleh Irawati Moerid Tennis Competition (IMTC) itu menggandeng total 200 atlet tenis junior untuk bersaing dalam ajang bertajuk Kejuaraan Nasional Piala Junior Dudung Abdurachman di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kejuaraan Nasional Tenis Junior kembali bergulir pada 2023. Turnamen yang dihelat oleh Irawati Moerid Tennis Competition (IMTC) itu menggandeng total 200 atlet tenis junior untuk bersaing dalam ajang bertajuk Kejuaraan Nasional Piala Junior Dudung Abdurachman di Jakarta.

Terdapat tiga tempat yang digunakan sebagai venue perhelatan Kejurnas Tenis Junior 2023 mulai 28 Oktober hingga 2 November mendatang. Adapun ketiga tempat yang dimaksud ialah Lapangan Tenis Pusbekang, Kodam Jaya, dan Halim Persada.

Seluruh peserta yang ambil bagian dalam kejurnas edisi ini bakal bersaing sesuai dengan kategori kelompok umur (KU) yang tersedia. Total 6 KU dapat diikuti oleh petenis junior Tanah Air, mulai dari KU 8 tahun, 10 tahun, 12 tahun, 14 tahun, 16 tahun, hingga 18 tahun, baik untuk peserta putri dan putra dari kategori perorangan serta ganda.

Irawati Moerid selaku Tournament Director dan founder IMTC menilai Kejurnas Tenis Junior 2023 berperan penting dalam mengasah kemampuan serta mental atlet masa depan. Pasalnya lewat ajang ini, petenis muda Tanah Air mendapat wadah untuk meningkatkan jam terbang sebelum naik tingkat ke level senior.

"Mengasah skill, terutama soft skill mental bertanding harus terus ditempa untuk membuat pemain junior confidence dan matang. Jam terbang dan kematangan permainan harus selalu ditingkatkan buat para junior, sampai mereka terjun ke level di senior suatu saat nanti," ujar Irawati, dilansir dari keterangan resmi yang diterima Liputan6.com.

"Mereka harus selalu siap bertanding secara mental jika di antara mereka menjadi tulang punggung tim nasional suatu saat nantinya. Tentu melalui proses dari peningkatan PNP juniot yang syarat mutlak menjadi timnas juniot maupun senior suatu saat untuk membela bangsa di kancah internasional, bagaimanapun mental harus dibentuk sedini mungkin," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Pemilihan Tema Dudung Abdurachman

Sementara itu terkait pemilihan tema Dudung Abdurachman dalam Kejurnas Tenis Junior 2023, Sekjen IMTC Iahman Moerid menjelaskan alasannya.

Menurut dia, sosok tersebut menjadi model guru bagi para junior untuk menunjukkan jiwa patriotik. Pasalnya, Jenderal Dudung dikenal sebagai pribadi yang dapat menjaga marwah bangsa.

Penggunaan namanya sebagai tema pun diharapkan dapat menandai ditularkannya semangat Jenderal Dudung Abdurachman kepada atlet-atlet tenis junior Tanah Air.

"Jendral Dudung adalah sosok yang menjaga marwah bangsa. Semoga hal ini dapat ditularkan kepada para (petenis) junior dalam bentuk lain, yaitu kelak menjadi atlet di pentas olahraga dengan karakter patriotik sebagai bentuk menjaga marwah bangsa," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Kejurnas Tenis Junior Diikuti 3 Petenis Nasional

Melansir pemberitaan Antara, terdapat pula tiga petenis nasional yang ambil bagian memanaskan persaingan di Kejurnas Tenis Junior 2023.

Adapun trio petenos peringkat satu yang hadir melliputi Marshella Limpong dari Jakarta (KU-10 putri), Sherena Valencia dari Musi Banyuasin (KU-14 putri), dan Rafa Jeconia Mangusong (KU-16 putra).

"Persaingan merebut juara kali ini akan berlangsung ketat disebabkan hadirnya petenis peringkat satu nasional untuk KU-10 putri, KU 14 putri, dan KU-16 putra. Kehadiran ketiganya menjadi daya tarik tersendiri karena petenis lainnya sudah barang pasti ingin dapat menang dari mereka," papar Irawati, dikutip dari Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.