Sukses

Hadapi Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Sudah Pelajari Kekuatan Irak

Pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto mengeklaim pihaknya sudah mulai mempelajari kekuatan lawan jelang melakoni laga perdana kontra Irak di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal kembali melanjutkan kiprahnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mulai pertengahan November mendatang. Skuad racikan Shin Tae-yong memulai perjuangan dengan melakoni Irak pada 16 November 2023 di Basra International Stadium, sebagai agenda pertama.

Sekadar informasi, pasukan Garuda sebelumnya telah lolos dari putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei Darussalam. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan menang agregat 12-0 atas anak-anak asuh Mario Rivera, yang memastikan tempat di grup F World Cup Qualifiers untuk zona Asia.

Adapun Timnas Indonesia kini bakal menghadapi lawan lebih berat di putaran kedua. Selain menantang Irak, Skuad Garuda juga harus siap meladeni musuh bebuyutan Vietnam serta melewati Filipina demi tembus ke fase selanjutnya.

Pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto mengeklaim pihaknya sudah mulai mempelajari kekuatan lawan jelang melakoni laga perdana kontra Irak di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pria yang sudah cukup lama menjadi tangan kanan Shin Tae-yong itu tak menampik Irak memiliki kualitas yang mumpuni, baik secara tim maupun individu, sehingga memaksa pihaknya harus mulai menyusun strategi guna menghadapi Singa Mesopotamia.

"Irak salah satu tim yang bagus ya, baik secara individu maupun secara tim," ujar Nova Arianto saat ditemui awak media di Jakarta, Kamis (26/10/2023).

"Kami sudah melakukan pemantauan ke Irak sendiri dan kami, coaching staff, telah melakukan komunikasi terkait strategi apa yang akan kita lakukan (pakai) saat melawan Irak," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Belum Mulai Persiapan

Sayangnya, kendati sudah mulai menyiapkan strategi, Timnas Indonesia hingga kini belum menjajal persiapan untuk menghadapi Irak.

Nova mengakui skuad racikan Shin Tae-yong memang punya waktu yang sangat sempit untuk memanaskan mesin lantaran masih menjalani kompetisi di klub masing-masing dan baru akan berkumpul pada 12 November mendatang.

"Kami belum bisa melakukan persiapan apapun karena pemain tampil di kompetisi," ungkap Nova kala ditanyai soal persiapan Timnas Indonesia jelang menghadapi Irak pada Kamis (26/10/2023) lalu.

"(Timnas Indonesia) 12 kumpul, 13 berangkat (ke Irak)," tambah asisten pelatih berusia 44 tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

Pelatih Timnas Indonesia Mulai Pantau Pemain

Adapun sembari menunggu para pemain yang masih menjalani kompetisi, pelatih Timnas Indonesia saat ini mulai memantau performa penggawa guna menemukan sosok potensial untuk dipanggil memperkuat Skuad Garuda.

Nova Arianto mengeklaim Shin Tae-yong masih akan melihat secara saksama penampilan sejumlah pemain di ajang Liga 1 dan tak menutup kemungkinan akan kedatangan nama-nama anyar ke Timnas Indonesia.

"(Kami) masih bisa melihat (pemain) di pertandingan-pertandingan (Liga 1) selanjutnya,. Kami tidak hanya melihat dari satu pertandingan saja. Termasuk nanti di pertandingan pekan terakhir, itu menjadi (ajang) pemantauan dari coaching staff untuk menentukan pemain yang akan dipakai melawan Irak nanti," papar Nova.

"Semua pemain punya peluang dipanggil. Kami akan lihat kondisi semua pemain, apakah baik untuk lawan Irak dan Filipina," tandas asisten pelatih Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Putaran 2 Kualifikasi Piala Dunia 2023 zona Asia

Kamis, 16 November 2023

21.45 WIB: Irak vs Timnas Indonesia

Selasa, 21 November 2023

18.00 WIB: Filipina vs Timnas Indonesia

Kamis, 21 Maret 2024

Timnas Indonesia vs Vietnam

Selasa, 26 Maret 2024

Vietnam vs Timnas Indonesia

Kamis, 6 Juni 2024

Timnas Indonesia vs Irak

Selasa, 11 Juni 2023

Timnas Indonesia vs Filipina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.