Sukses

Timnas Indonesia Gusur Brunei, Erick Thohir: Merah Putih Siap Bersaing di Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut positif sukses timnas Indonesia melangkah ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Meski harus melakoni lawan-lawan tangguh, Erick yain timnas akan bermain habis-habisan dan siap tempur demi tiket ke fase final kualifikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut positif sukses timnas Indonesia melangkah ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Meski harus melakoni lawan-lawan tangguh, Erick yain timnas akan bermain habis-habisan dan siap tempur demi tiket ke fase final kualifikasi.

Timnas Indonesia kembali berpesta gol ke gawang Brunei Darussalam pada putaran pertama. Pasukan Shin Tae-yong berjaya 6-0 pada leg kedua di Hassanal Bolkiah National Stadium, Selasa (17/10/2023).

Sebelumnya Tim Garuda juga menang setengah lusin gol pada pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (12/10/2023). Unggul agregat 12-0, timnas melangkah ke putaran kedua kualifikasi dan masuk Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

"Kami respek dengan lawan yang sudah menanti di Grup F. Namun timnas Indonesia dalam kondisi siap tempur melawan Irak, Vietnam, dan Filipina demi tiket ke putaran final kualifikasi," ujar Erick Thohir pada keterangan tertulisnya.

Erick menegaskan setiap lawan di grup F adalah lawan yang tangguh. Namun, Erick optimistis timnas Indonesia memiliki kualitas dan kapasitas untuk bersaing merebut tiket ke babak final kualifikasi. 

"Kami juga yakin dengan kualitas timnas Indonesia siap bertempur dengan lawan manapun," tegas Erick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Kembali Cukur Brunei Darussalam

Sesuai janji pelatih Shin Tae-yong sebelum leg kedua, timnas tidak mengendurkan serangan meski unggul besar pada pertemuan pembuka. Buktinya, gol sudah tercipta pada menit keenam.

Setelah tembakan Sandy Walsh melebar, Hokky Caraka mencetak gol pertamanya di level senior. Diawali umpan tarik Sandy dari sisi kanan, Hokky yang tidak dikawal dengan mudah menyambar bola untuk membobol gawang tuan rumah.

Keunggulan satu gol membuat kepercayaan diri para pemain Indonesia meningkat. Dua peluang mereka dapatkan dari sepakan Witan Sulaeman yang melambung di atas mistar gawang Brunei, serta sundulan Fachruddin Aryanto yang hanya mengenai sisi samping jaring gawang.

Brunei yang kesulitan keluar dari tekanan Indonesia hanya mampu memberi ancaman serius melalui sepakan Hendra Azam pada menit ke-23.

Setelah satu-satunya peluang Brunei tersebut, kendali permainan kembali menjadi milik Indonesia. Peluang demi peluang mereka dapatkan dari tembakan Dendy Sulistyawan, serta dua tembakan Shayne Pattynama.

Menjelang turun minum, Indonesia akhirnya berhasil menambah pundi-pundi gol. Egy menggandakan keunggulan Indonesia yang diawali umpan panjang Rizky Ridho, untuk diteruskan sundulan Hokky, bola kemudian dengan mudah disambar Egy membobol gawang tuan rumah.

Hokky lantas mengukir gol keduanya, kali ini dengan memanfaatkan umpan tarik Witan, untuk mempertegas supremasi timnas Indonesia.

3 dari 3 halaman

Babak Kedua dan Susunan Pemain Brunei vs Indonesia

Timnas tetap trengginas selepas jeda. Gol pun hadir pada menit ke-47. Witan dijegal lawan di area terlarang dan wasit tanpa ragu menunjuk titik 12 pas. Pemain Persija Jakarta itu mengambil sendiri penalti dan sukses mencatat gol.

Tidak lama berselang, Hokky melewatkan peluang mencetak hattrick. Tendangannya dengan gawang kosong masih melambung. Setelahnya giliran Shayne Pattinama yang urung memaksimalkan peluang.

Indonesia akhirnya memperbesar keunggulan lewat Rizky Ridho. Dia menjebol gawang Brunei di menit ke-63.

Tim Garuda terus menekan. Saddil Ramdani dan Pratama Arhan tidak mampu memaksimalkan kesempatan. Sampai akhirnya pemain pengganti Ramadhan Sananta yang sukses merobek jala tuan rumah di menit ke-82. 

Tidak ada gol tercipta di sisa waktu. Indonesia melangkah mantap menuju putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Susunan Pemain

Brunei Darussalam: 1-Haime Nyaring; 7-Alinur Rashimy, 6-Nazhan Zulkifle, 13-Hanif Hamir, 23-Yura Indera, 14-Haziq Kasyful, 21-Shame Suhaimie, 8-Hendra Azam, 17-Hakeme Said, 15-Asyraffahmi Norsamri, 9-Azizi Ali Rahman

Indonesia: 21-Ernando Ari; 5-Rizky Ridho, 6-Sandy Walsh, 8-Witan Sulaeman, 10-Egy Maulana Vikri, 11-Dendy Sulistyawan, 13-Rachmat Irianto, 15-Ricky Kambuaya, 16-Hokky Caraka, 19-Fachruddin, 20-Shayne Pattinama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini