Sukses

Hasil Timnas Indonesia vs Brunei: Pesta Gol dan Dimas Drajad Hattrick, Satu Kaki Garuda Sudah di Putaran Dua Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia memudahkan langkah menuju putaran dua kualifikasi Piala Dunia 2026 usai menang 6-0 atas Brunei Darussalam. Dimas Drajad cetak hattrick di pertandingan ini.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia berhasil menang 6-0 atas Brunei Darussalam pada leg pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di stadion Gelora Bung Karno, Kamis (12/10/2023). Enam gol Indonesia dicetak Dimas Drajad (3 gol), Ramadhan Sananta (2 gol) dan Rizky Ridho.

Kemenangan ini memudahkan langkah Indonesia untuk lolos ke putaran dua kualifikasi Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia hanya butuh imbang dan tidak kalah lebih dari enam gol untuk lolos ke putaran dua yang nantinya bakal melawan Irak, Vietnam dan Filipina.

Jalannya Pertandingan

Indonesia mengincar banyak gol di laga ini. Pemilihan pemain menunjukkan Timnas Indonesia seperti menggunakan formasi 4-2-4.

Timnas Indonesia mendapatkan peluang pertama di menit ke-4. Mendapatkan bola muntah, Hokky Caraka melepas tembakan first time yang sayangnya masih melebar.

Timnas Indonesia akhirnya berhasil mencetak gol di menit ke-6 lewat Dimas Drajad. Dia manfaatkan bola rebound sundulan Hokky Caraka sehingga membuat skor jadi 1-0.

Menit ke-9, giliran Marc Klok yang mencoba peruntungan. Namun tembakannya masih bisa ditepis kiper Brunei.

Indonesia menambah skor jadi 2-0 lewat Rizky Ridho di menit ke-11. Dia menyambar langsung umpan lewat tendangan sudut dari Saddil Ramdani.

Brunei sesekali mencoba keluar dari tekanan. Namun bola tak bisa mengalir dengan lancar sehingga mudah dipatahkan Timnas Indonesia seperti yang terjadi di menit ke-16.

Hingga menit ke-20, Timnas Indonesia masih kesulitan tambah gol. Umpan-umpan silang yang dilakukan Indonesia kerap terlalu kencang.

Asnawi mencoba peruntungan dengan melepas tendangan jauh di menit ke-25. Sayang, tembakannya mengarah tepat ke kiper Brunei.

Brunei mendapatkan peluang lewat tendangan bebas, tapi masih membentur tembok pertahanan Indonesia di menit ke-27. Skor bertahan 2-0.

Brunei beberapa kali mendapatkan peluang tapi kematangan bermain membuat mereka kesulitan. Sedangkan Indonesia juga belum menambah gol hingga menit ke-35.

Hingga babak pertama berakhir, keunggulan 2-0 Timnas Indonesia atas Brunei Darussalam tetap bertahan. Bagaimana babak 2?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua Timnas Indonesia vs Brunei

 

Timnas Indonesia mengganti dua pemain Marc Klok dan Dendy di babak dua. Shin Tae Yong memasukkan Ricky Kambuaya dan Witan.

Ricky Kambuaya langsung memberikan dampak di menit ke-48. Dia melepas umpan tarik tapi belum ada yang menyambut umpannya.

Pergantian kembali terjadi di menit ke-57 saat Hokky Caraka diganti Ramadhan Sananta. Pergantian ini memberi perubahan saat Ramadhan Sananta sukses mengeksekusi penalti di menit ke-61 sehingga membuat skor 3-0.

Ramadhan Sananta kembali mencetak gol di menit ke-67. Manfaatkan bola rebound tembakan Ricky Kambuaya yang memantul, Sananta langsung menyambarnya jadi gol sehingga membuat skor jadi 4-0.

Timnas Indonesia benar-benar menggila di babak 2. Dimas Drajad mengubah skor menjadi 5-0 usai menyambar umpan silang dari Saddil Ramdani di menit ke-72.

Ramadhan Sananta mencoba untuk menambah gol di menit ke-80. Namun sundulannya masih bisa ditepis Hajme. Menit-menit akhir Brunei sempat mendapatkan peluang, tapi kurang tenang sehingga gagal mencetak gol.

Dimas Drajad berhasil mencetak hattrick di injury times babak dua. Dia mengubah skor jadi 6-0 usai  melepas tendangan mendatar yang gagal dijangkau kiper Brunei Darussalam.

Hingga pertandingan berkhir, Timnas Indonesia sukses pesta enam gol tanpa balas atas Brunei Darussalam. Inodnesia akan menghadapi Brunei lagi di stadion Hasanah  Bolkiah pada 17 Oktober 2023 mendatang.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

 

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo; Asnawi, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Marc Klok, Sandy Walsh; Saddil Ramdani,Dendy Sulistiawan, Dimas Drajad; Hokky Caraka

Brunei : Hajme: Abdul Mufisz, Nazhan, Hanif Hamir, Yura Indera; Mohd Hendra Azam, Hariz, Nazirrudin Ismail, Haziq, Hakeme Yazid; Moh Kahiril Shahme

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.