Sukses

Hasil Asian Games 2023: Fajar/Rian Kalah, Indonesia Gagal Raih Medali di Ganda Putra untuk Kali Pertama

Untuk kali pertama Indonesia gagal meraih medali ganda putra cabang bulu tangkis setelah Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto kalah di perempat final Asian Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus menghentikan langkahnya di perempat final Asian Games 2023 cabang bulu tangkis nomor perorangan. Ganda putra Indonesia itu ditaklukkan Chinese Taipei Lee Yang/Wang Chi-Lin 19-21 dan 18-21 di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Kamis (5/10).

Hasil ini membuat pasangan peraih perak di Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang itu tak berhasil menyumbang medali. Tak hanya itu, kegagalan ini membuat Indonesia untuk kali pertama gagal meraih medali ganda putra di Asian Games sejak bulu tangkis menjadi cabang olahraga pada 1962.

Fajar/Rian pun meminta maaf. "Kami mohon maaf kepada masyakarat Indonesia karena belum bisa memberikan medali untuk Indonesia," kata Rian usai pertandingan. "Semoga ke depannya kami bisa lebih baik lagi dan harapannya pelan-pelan kami bisa kembali ke trek yang semestinya."

Mengenai laga perempat final Asian Games 2023, Fajar/Rian mengakui keunggulan Lee/Wang. Servis dan drive peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 begitu merepotkan mereka.

"Lawan kami akui bermain lebih baik dan lebih lepas daripada kami. Kami banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri dan beberapa kali pengembalian kami tanggung sehingga menguntungkan bagi lawan. Sebenarnya kami sudah tahu harus bermain seperti apa tapi hari ini pertahanan dan drive kami kurang maksimal," papar Rian.

"Servis mereka terutama servis lob-nya cukup menganggu kami. Selain itu, kami juga kalah di adu drivenya. Kecepatan dan tenaga mereka yang besar membuat kami kerepotan. Di gim pertama dan gim kedua poin-poin krusial sangat penting apalagi dengan kondisi seperti tadi, poinnya ketat. Tapi lagi-lagi mereka lebih yakin, lebih percaya diri," sahut Fajar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fajar/Rian Dalam Periode Sulit

Fajar/Rian mengakui bahwa mereka sedang dalam periode sulit. Mereka berharap bisa segera lepas dari tekanan ini dan kembali ke performa terbaik.

"Setiap pemain pasti ada tekanan untuk mencapai yang lebih baik lagi. Mungkin mempertahankan lebih sulit dari mendapatkan jadi di posisi ini kami harus lebih sabar dan lebih kerja keras lagi," kata Fajar.

"Kami mohon dukungan semua pihak, semoga situasi sulit yang sedang kami alami ini tidak lama dan bisa cepat bangkit. Bisa kembali menemukan kepercayaan diri kembali," pungkas Fajar.

Masih ada dua wakil Indonesia yang akan bertanding sore nanti di perempatfinal. Anthony Sinisuka Ginting menghadapi wakil tuan rumah, Li Shi Feng. Sementara Gregoria Mariska Tunjung bersua wakil Jepang Aya Ohori. 

3 dari 3 halaman

Hasil Perempat Final Asian Games 2023

Lapangan 1

Pertandingan 6: Anthony Sinisuka Ginting vs Li Shi Feng (China)

Lapangan 2

Pertandingan 2: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Lee Yang/Wang Chi-lin (Chinese Taipei) 19-21, 18-21

Pertandingan 9: Gregoria Mariska Tunjung vs Aya Ohori (Jepang)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.