Sukses

Prestasi Wushu Indonesia Melesat di Asian Games 2023 Lebihi Pencapaian 2018, Airlangga Hartarto Bersyukur

Wushu Indonesia mampu meraih prestasi lebih baik di Asian Games 2023, meski tanding di negara asal wushu di China.

Liputan6.com, Jakarta Wushu Indonesia membuat kejutan di Asian Games 2023. Meski main di negara asalnya wushu, Indonesia justru bisa meraih hasil yang lebih baik ketimbang di Asian Gams 2018 ketika menjadi tuan rumah.

Di Asian Games 2023, Indonesia meraih total lima medali. Satu emas disumbang Harris Horatius. Perak didapat oleh Edgar Xavier Marvelo dan Samuel Marbun. Sedangkan perunggu diraih oleh Tharisa Dea Florentina dan Seraf Naro Siregar.

Pencapaian ini melebihi saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Ketika itu wushu meraih lima medali saja dengan rincian satu emas, satu perak dan tiga perunggu. 

Para atlet wushu ini sudah kembali ke Indonesia pada Sabtu 30 September 2023 pagi WIB. Kepulangan atlet wushu ini berbarengan dengan atlet esports kategori Street Fighter. Mereka disambut langsung ketua umum Wushu Indonesia Airlangga Hartarto dan anggota Komite Eksekutif NOC Hifni Hasan.

"Alhamdulillah wushu Indonesia sudah pulang dan bawa medali. Selamat yg dapat medali karena prestasi kali ini lebih baik dari Asian Games 2018 yang lalu. Tentu saja sulit mengalahkan China sebagai tuan rumah dan juga negara asal wushu," ujar Airlangga dalam sambutannya.

"Saya bangga dengan atlet-atlet wushu dan pelatih kita. Tahun ini event kebanyakan sehingga menyita waktu dan tenaga. Kita ke depan berharap wushu setiap event selalu bawa pulang medali emas," lanjut Airlangga.

Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menambahkan, hasil yang diperoleh dari Asian Games 2022 kali ini bakal menjadi bahan evaluasi agar cabang wushu bisa lebih baik lagi di event internasional kedepan.

"Kita tetap optimistis, kedepan, prestasi atlet wushu kita semakin berjaya bukan hanya di Asia, tetapi juga dunia. Inilah tekad kita bersama pada insan wushu nasional," tegas Ketum PB Wushu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wushu Indonesia Ditunggu Kejuaraan Dunia

Usai kembali ke Indonesia, para atlet wushu mendapat kesempatan libur sebentar. Mereka diizinkan berkumpul bersama keluarga sampai 8 October 2023. Setelah itu ada Kejuaraan Dunia yang menanti di Tewas, Amerika Serikat.

"Terima kasih tak terhingga kalian sudah berjuang untuk Indonesia. Selamat untuk peraih medali. Yang belun dapat jangan berkecil hati karena ada event selanjutnya yang sudah dapat harus siap, lebih giat lagi karena didepan ada banyak event lain," tutur Hifni. 

 

3 dari 3 halaman

Prestasi Terbaik Harris Horatius di Asian Games

Sumbangan satu emas dari wushu ini sangat berharga membantu Indonesia. Total Indonesia hingga Sabtu 29 September 2023 baru meraih tiga keping medali emas.

"Bersyukur banget bisa meraih emas Asian Games 2023. Ini merupakan pencapaian terbaik saya selama ikut ajang Asian Games," kata Harris kepada wartawan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini