Sukses

Momen-Momen Emas Indonesia di Asian Games 2023 Hangzhou: Menembak Ukir Sejarah

Tiga medali emas Indonesia di ajang Asian Games 2023 Hangzhou, Cina dipersembahkan dari cabang menembak dan wushu.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia mulai mebuka keran medali emasnya di ajang Asian Games 2023 Hangzhou. Tiga emas sejauh ini sudah berhasil masuk dalam pundi-pundi Merah Putih. 

Emas pertama Indonesia disumbangkan oleh atlet menembak, Muhammad Sejahtera Dwi Putra, Senin (25/9/2023).

Tampil pada nomor 10 meter running target putra di Fuyang Yinhu Sports Centre, Dwi Putra berhasil mencetak poin tertinggi 9,633 dari enam tembakan (99, 97, 95, 95, 98). Dia berhasil melewati perolehan poin penembak Vietnam, Huu Vuong Ngo yang harus puas dengan medali perak. Sementara itu, medali perunggu akhirnya diraih oleh atlet menembak asal Korea Selatan, Jeong Y.

Kemenangan ini sangat bersejarah bagi olahraga menembak Tanah Air. Sebab ini jadi keping emas pertama yang diraih Indonesia sejak menembak dipertandingkan di Asian Games 1954 lalu. 

Dwi Putra kembali menambah pundi-pundi emas Indonesia sehari kemudian. Bertanding di nomor 10 m running target mixed putra, dia kembali mencatat poin tertinggi 378 dari 11 peluru. Di nomor ini, pria yang akrab disapa Tera itu berhasil mengalahkan wakil Korea Utara, Kwangil Kwon, dan Youjin Jeong yang harus puas berada di posisi ketiga. 

Dwi tampak semringah menyambut emas keduanya ini. Bersama rekan-rekan satu timnya mereka merayakan keberhasilan itu dengan gembira.

Perasaan yang sama juga terlihat di wajah Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Begitu juga dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono yang bertugas sebagai CdM.

Kegembiraan kembali menyelimuti kontingen Indonesia saat wushu menyumbang emas ketiga bagi Tanah Air. Kali ini lewat gerakan menawan Harris Horatius. 

Tampil di XSG Sports Centre Hangzhou, China, Selasa (26/9/2023), Harris menjadi yang terbaik dengan mengalahkan 18 peserta. Harris merebut medali emas dengan mengantongi total 19,506 poin (Nanquan 9,756 dan Nangun 9,750).  Medali perak direbut Lee Yong Mun dari Korea Selatan dengan total 19,472 poin dan  Huang Junhua dari Macao merebut perunggu dengan total 19,463 poin.   

Sejauh ini, Indonesia telah memperoleh sembilan keping medali, terdiri dari tiga emas, satu perak, dan lima perunggu.

Tim Indonesia dipimpin oleh CdM Basuki Hadimuljono berkekuatan 413 atlet yang turun di 202 nomor pertandingan, 41 disiplin, 30 cabor. Tim Indonesia mendapat dukungan dari official partners, yaitu Wall's Ice Cream, Li-Ning, MyTours,  NusaPay, Gudang Kripto, Bagasi, Pocari Sweat, dan Essenza.

Jangan lewatkan momen-momen emas Indonesia di Asian Games 2023 pada halaman selanjutnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Emas Pertama Indonesia Dipesembahkan Muhammad Sejahtera Dwi Putra

3 dari 7 halaman

Muhammad Sejahtera Dwi Putra Tengah Bersiap Membidik Sasarannya

4 dari 7 halaman

Emas Kedua dari Muhammad Sejahtera Dwi Putra

5 dari 7 halaman

Harris Horatius Terbang Merebut Emas

6 dari 7 halaman

Jurus Menawan Harris Horatius

7 dari 7 halaman

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono Jadi Saksi Momen Emas Indonesia di Asian Games 2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.