Sukses

Hasil Sepak Bola Asian Games 2023: Kirgistan Lumat Chinese Taipei, Timnas Indonesia U-24 Masuk Peringkat 3 Terbaik?

Pertandingan Grup F Asian Games 2023 Hangzhou beres digelar pada Minggu (24/9/2023). Timnas Indonesia U-24 dipaksa tunduk 0-1 oleh Korea Utara, sementara Kirgistan menang besar 4-1 atas Chinese Taipei.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan Grup F Asian Games 2023 Hangzhou beres digelar pada Minggu (24/9/2023). Timnas Indonesia U-24 dipaksa tunduk 0-1 oleh Korea Utara yang mengunci status juara grup serta dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Sementara itu, kejutan terjadi di laga Kirgistan melawan Chinese Taipei. Skuad racikan Lisitsyn Maksim yang sebelumnya menjadi juru kunci akibat kekalahan dari Indonesia dan Korea Utara malah berhasil merangsek ke peringkat 2 klasemen usai melumat rivalnya dengan skor telak 4-1 di duel pemungkas.

Menilik jalannya laga, Kirgistan dan Chinese Taipei sempat terlibat duel sengit di awal permainan. Pasukan Taiwan akhirnya mampu unggul lebih dulu lewat penalti Chen Po Liang di menit 34, sebelum disejajarkan oleh Ernaz Abilov jelang turun minum.

Kirgistan baru menunjukkan taringnya pasca jeda. Anak-anak asuk Maksim berbalik memimpin di awal babak kedua usai Huang Tzu Ming melesakkan gol bunuh diri pada menit 55, yang membuat kedudukan di papan skor berubah menjadi 2-1.

Tak butuh waktu terlalu lama, Kirgistan kembali mempertegas dominasinya atas Chinese Taipei. Dastanbek Toktosunov gantian menyumbang angka bagi negaranya pada menit 62. Laga hampir berakhir dengan skor 3-1 untuk Kirgistan.

Namun, Arsen Sharshenbekov rupanya tak ingin ketinggalan mencatatkan nama di papan skor. Ia tampil sebagai pencetak gol terakhir bagi Kirgistan di masa injury time. Alhasil, Kirgistan berhasil sukses duel pemungkas grup F Asian Games 2023 lewat keunggulan telak 4-1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kirgistan Runner-up, Indonesia Finis di Peringkat 3 Grup F

Buntut kemenangan besar atas Chinese Taipei, Kirgistan berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up grup F, mendampingi Korea Utara yang kokoh di puncak klasemen.

Anak-anak asuh Lisitsyn Maksim saat ini tercatat mengantongi 3 poin yang didapat dari 1 kemenangan. Meski memiliki selisih gol 0 (4-4), Kirgistan memang berhak menempati posisi lebih tinggi dibanding Indonesia lantaran unggul produktivitas gol.

Sementara itu, Garuda Muda yang juga cuma berhasil mengoleksi 1 kemenangan harus puas finis di peringkat 3 klasemen Grup F dengan selisih gol 0 (2-2), dibuntuti Chinese Taipei yang memiliki torehan 3 poin, tetapi kebobolan 6 gol sepanjang penyisihan grup.

Kendati gagal menjadi runner-up, pasukan Merah Putih saat ini belum perlu buru-buru angkat koper dari ajang Asian Games 2023. Masih ada jalur peringkat tiga terbaik yang tersedia untuk diperebutkan.

Rizky Ridho dan kawan-kawan justru berpeluang besar lolos ke babak 16 besar lewat rute ini. Pasalnya, batalnya Kirgistan menjadi juru kunci Grup F membuat torehan 3 poin Indonesia aman dan tak bakal dihapus.

3 dari 3 halaman

Hasil Lengkap Grup F Asian Games 2023

Selasa, 19 September 2023

Korea Utara 2-0 Chinese Taipei

Indonesia 2-0 Kirgistan

 

Kamis, 21 September 2023

Chinese Taipei 1-0 Indonesia

Kirgistan 0-1 Korea Utara

 

Minggu, 24 September 2023

Kirgistan 4-1 Chinese Taipei

Korea Utara 1-0 Indonesia

 

Gambaran lengkap posisi Indonesia di klasemen akhir Grup F dapat dicek melalui artikel di link berikut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.