Sukses

Hasil Sepak Bola Asian Games 2023: Timnas Indonesia U-24 Dihajar Korea Utara

Timnas Indonesia U-24 gagal memetik kemenangan dalam laga pemungkas Grup F Asian Games 2023 Hangzhou. Berhadapan dengan Korea Utara di di Zheijang Normal University East Stadium, China pada Minggu (24/9/2023), Garuda Asia dipaksa tunduk 0-1.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-24 gagal memetik kemenangan dalam laga pemungkas Grup F Asian Games 2023 Hangzhou. Berhadapan dengan Korea Utara di di Zheijang Normal University East Stadium, China pada Minggu (24/9/2023), Garuda Asia dipaksa tunduk 0-1.

Hasil ini membuat Indonesia harus menanti kepastian ke babak 16 besar kompetisi olahraga multi event Asia. Pasukan Indra Sjafri hanya memegang kesempatan untuk lolos lewat jalur peringkat 3 terbaik.

Jalannya Pertandingan

Duel panas mewarnai jalannya babak pertama Timnas Indonesia U-24 vs Korea Utara di Asian Games. Kartu kuning bahkan langsung dikeluarkan oleh wasit kepada Kim Pomhyok, buntut dari pelanggarannya terhadap Taufany Muslihuddin pada menit-menit awal.

Peluang coba diciptakan oleh Timnas Korea Utara U-24 lewat situasi bola mati pada menit ke-8. Beruntung sundulan kapten Jang Kukchol masih melambung di atas mistar gawang Ernando Ari Sutaryadi.

Ancaman yang sama berbahayanya sempat ditebar di area pertahanan Garuda Muda lewat tembakan Kim Kukjin tak lama berselang. Akan tetapi, kiper Timnas Indonesia U-24 lagi-lagi mampu menunaikan tugasnya dengan baik untuk menghalau bola.

Anak-anak asuh Indra Sjafri masih kesulitan menciptakan peluang berbahaya hingga laga berjalan lebih dari 20 menit. Ramai Rumakiek sempat memperoleh kesempatan menjebol jaring Korea Utara pada menit 23, andai sepakannya tidak terlalu lemah dan gagal diamankan oleh kiper Kang Juhyok.

Pasukan Sin Yong-nam belum jemu-jemu memberikan ancaman kepada Garuda Muda. Memasuki menit ke-32, Jang Kukhcol kembali menjadi momok bagi Timnas Indonesia U-24 usai melepas tembakan spekulatif yang masih off target.

Gol perdana Timnas Korea Utara U-24 akhirnya tercipta pada menit 40. Kim Yusong yang bebas dari perangkap offside berhasil memanfaatkan situasi scrimmage untuk mencetak keunggulan 1-0 bagi timnya.

Anak-anak asuh Sin Yong-nam nyaris mendapat angka kedua mendekati turun minum. Gawang Garuda Muda sempat jebol lagi oleh Kim Yusong, sebelum wasit menyatakan tidak ada gol akibat satu pemain Korea Utara sudah berada dalam posisi offside.

Timnas Indonesia U-24 gagal mengejar ketertinggalan di sisa waktu babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggulan Korea Utara bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Timnas Indonesia U-24 vs Korea Utara

Garuda Muda berupaya mengais peluang untuk menciptakan angka penyeimbang di babak kedua. Akan tetapi, anak-anak asuh Indra Sjafri seolah tak kunjung diberi kesempatan mengembangkan permainan.

Egy Maulana Vikri yang didapuk sebagai starter juga belum bisa menunaikan tugasnya untuk membahayakan gawang Korea Utara. Alhasil, pemain Dewa United itu akhirnya ditarik keluar pada menit 55 untuk digantikan oleh Hugo Samir.

Sayangnya, perubahan itu tak langsung menghadirkan efek signifikan bagi Garuda Muda. Justru Korea Utara yang kembali menciptakan peluang berbahaya di menit 58 dan memaksa Ernando Ari bekerja keras di bawah mistar gawang.

Pertahanan Indonesia terus-menerus digempur oleh Korea Utara. Di menit 70, giliran Kim Kukjin yang mencoba peruntungan, meski upayanya gagal berbuah gol.

Sebaliknya, Timnas Indonesia U-24 masih saja kesulitan menebar ancaman di area pertahanan Korea Utara. Pasukan Indra Sjafri tetap buntu hingga laga memasuki menit-menit akhir waktu normal.

Sejumlah pergantian yang dilakukan lagi-lagi tak mampu menghasilkan dampak signifikan. Garuda Muda haurs mengakui keunggulan Korea Utara lantaran gagal menyamakan kedudukan hingga wasit meniupkan peluit panjang.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-24 vs Korea Utara

Korea Utara U-24: Kang Juhyok; Jang Kukchol, Kim Kyongsok, Kim Yusong; Ri Ilsong, Kang Kukchol, Paek Chungsong, Kim Kukbom; Kim Pomhyok, Ri Joguk, Kim Kukjin.

Timnas Indonesia U-24: Ernando Ari Sutaryadi; Rizky Ridho, Andy Setyo, Alfreanda Dewangga, Robi Darwis; Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Muhammad Taufany Muslihuddin, Dony Tri Pamungkas; Egy Maulana Vikri, Ramai Rumakiek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.