Sukses

Barcelona Spektakuler, 3 Sontekan Bawa Barca Berbalik Unggul Lawan Celta Vigo dalam 12 Menit

Barcelona berhasil menang dramatis 3-2 atas Celta Vigo pada pekan keenam La Liga Spanyol. Tiga sontekan maut bawa Barca menang.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona memetik kemenangan dramatis saat mengalahkan Celta Vigo 3-2 pada pekan keenam Liga Spanyol di stadion Olimpic Lluis Companys, Minggu (24/9/2023). 3 gol telat dari Robert Lewandowski (2 gol) dan Joao Cancelo sukses membawa Barca bangkit dari ketinggalan atau remontada.

Pertandingan Barca melawan Celta Vigo di Liga Spanyol memang di luar prediksi. Tim tamu justru berhasil unggul lebih dulu lewat dua gol dari Jorgen Strand Larsen (menit 19) dan Anastasios Douvikasi (76).

Barcelona begitu kesulitan untuk membalikkan keadaan meski kuasai penguasaan bola hingga 75 persen. Namun semua upaya serangan tak juga membuahkan hasil.

Namun semuanya berubah pada menit ke-80. Dimulai dari sontekan pertama Robert Lewandowski di menit ke-81 yang membuat Barcelona kejar skor jadi 1-2 usai manfaatkan umpan lambung Joao Felix.

Menggunakan kaki bagian dalam, Lewandowski berhasil melambungkan bola di atas kepala kiper Celta Vigo, Villar dan masuk ke gawang. Sontekan kedua juga dilakukan Robert Lewandowski di menit ke-85.

Manfaatkan umpan tarik Joao Cancelo, Lewy berhasil mengecoh kiper Celta vigo dan membuat skor berubah 2-2. 4 menit kemudian, giliran Joao Cancelo yang berhasil sontek bola ke gawang usai manfaatkan umpan Gavi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Barcelona Bangkit dalam 12 Menit, Xavi: Ini Mustahil Dilakukan

 

Dilihat dari jalannya pertandingan, Barcelona hanya butuh bangkit dalam 12 menit. Selama itu, mereka berhasil mencetak 3 gol kemenangan yang membuat lawan tertunduk lesu.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez bahkan tidak percaya timnya bisa melakukannya. Soalnya, Barca kerap mentok di situasi seperti itu.

"Kami selalu yakin hingga menit akhir. Kami main dengan kepercayaan diri dan keberanian," kata Xavi.

"Ketinggalan 0-3 biasanya sebuah kecerobohan dan Barcelona sulit bangkit dari itu. Namun kami hari ini menunjukkan kepercayaan diri yang tak biasa dan karakter menang."

 

3 dari 5 halaman

Xavi Ambil Risiko Demi Kejar Gol

 

Karena tertinggal 0-2, Barcelona harus ambil risiko di lini pertahanan. Saat menyerang, Barcelona bahkan menyisakan dua pemain saja di lini pertahanan.

"Kami terus ambil risiko. Kami main dengan dua bek tengah, sedangkan full back jadi gelandang bertahan. Kami harus ambil risiko dan itu berjalan baik," ujarnya seperti dikutip sport.

 

4 dari 5 halaman

Xavi Beri Pujian untuk Gavi

 

Permainan Barcelona juga berubah saat Gavi masuk gantikan Frenkie de Jong yang cedera di menit ke-36. Ini membuat permainan Barca jadi lebih dinamis.

"Gavi bisa main di mana saja, di semua posisi lini tengah. Kalau saya sebut satu pemain yang mengubah keadaan, itu Gavi," ujarnya.

Di sisi lain, Barcelona mendapatkan kabar buruk terkait cedera Frenkie de Jong. Dia dikabarkan harus absen sampai November nanti.

5 dari 5 halaman

Peringkat Barcelona di La Liga Spanyol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.