Sukses

Hasil Sepak Bola Asian Games 2023: Dikejutkan Chinese Taipei, Timnas Indonesia U-24 Takluk 0-1

Timnas Indonesia U-24 harus menelan pil pahit dalam laga kedua Grup F Asian Games 2023. Berhadapan dengan Chinese Taipei di Zheijang Normal University East Stadium, China, pada Kamis (21/9/2023), skuad racikan Indra Sjafri dipaksa menyerah dengan skor akhir 0-1.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-24 harus menelan pil pahit dalam laga kedua Grup F Asian Games 2023. Berhadapan dengan Chinese Taipei di Zheijang Normal University East Stadium, China, Kamis (21/9/2023), skuad racikan Indra Sjafri dipaksa menyerah dengan skor akhir 0-1.

Hasil ini membuat Garuda Muda harus rela melorot dari posisinya yang sebelumnya menempati puncak klasemen sementara. Korea Utara berbalik naik ke peringkat teratas lantaran unggul selisih gol dari Taiwan dan Indonesia yang sama-sama mengoleksi 3 poin.

Lebih lanjut, Rizky Ridho dan kawan-kawan juga masih harus menanti kesempatan untuk merebut tiket ke babak 16 besar. Kepastian ini baru bakal diperoleh di laga pemungkas kontra Korea Utara pada Minggu (24/9/2023).

Menilik jalannya laga, Timnas Indonesia U-24 memang cukup kesulitan membongkar pertahanan Taiwan sejak babak pertama. Alfeandra Dewangga sempat melepaskan shoot on target di menit ke-7, tetapi upayanya mampu digagalkan oleh kiper Chiu Yu Hung.

Tim lawan yang berupaya membahayakan lini belakang Merah Putih beberapa waktu berselang. Cih Hao balas melepaskan tendangan. Namun, keuntungan bagi Timnas Indonesia U-24 lantaran upayanya masih melebar dari gawang Adi Satryo.

Bagas Kaffa gantian mencoba peruntungan untuk memecah kebuntuan lewat peluang apiknya di menit ke-22. Sayang, tembakan sang pemain yang tepat mengarah ke gawang Chinese Taipei lagi-lagi berhasil diamankan oleh Chiu Yu Hung.

Serangan bertubi-tubi dilancarkan Chinese Taipei di menit ke-28 akibat adanya kesalahan yang dilakukan kubu Garuda Muda. Beruntung tak ada satu pun ancaman yang berhasil berbuah gol ke jaring tim Merah Putih.

Timnas Indonesia U-24 baru mendapat kesempatan lagi lewat Ananda Raehan di 5 menit akhir waktu normal babak pertama. Pemain kelahiran 2003 melepas tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti, tetapi langsung mengarah ke pelukan penjaga gawang lawan. Alhasil skor 0-0 belum berubah hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua Timnas Indonesia U-24 vs Chinese Taipei

Pelatih Indra Sjafri mencoba melakukan perubahan di awal babak kedua. Muhammad Taufany Muslihuddin, Roby Darwis, dan Hugo Samir dikirim masuk untuk menggantikan Ananda Raehan, Bagas Kaffa, dan Titan Agung sekaligus membantu Merah Putih meraih kemenangan kedua.

Sayangnya, justru Chinese Taipei yang lebih dulu mampu memecah kebuntuan di menit ke-48. Pasukan Chen Jiunn Ming memberi kejutan ketika umpan cepat Lin Wei Chien mampu disambut oleh Chin Wen Yen lewat sontekan kaki kiri.

Bola yang dilepaskannya lantas bersarang di sudut kiri jaring kawalan Adi Satryo, sehingga  kedudukan sementara berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan Chinese Taipei.

Timnas Indonesia tak kunjung menemui celah untuk mengakhiri jalan buntu. Pertahanan disiplin yang diperlihatkan Taiwan membuat Rizky Ridho dan kawan-kawan belum berhasil pecah telur hingga 15 menit akhir pertandingan waktu normal.

Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan nyaris kehabisan waktu untuk mengejar ketertinggalan. Apalagi, Chinese Taipei yang berada di dominan 1-0 mulai menerapkan skenari mengulur waktu demi mempertahankan keunggulan.

Nestapa sempat dialami Taiwan di masa injury time. Liang Meng Hsin diusir keluar lapangan usai wasit mengganjarnya dengan kartu merah. Namun, situasi ini pun tak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Timnas Indonesia U-24. Anak-anak asuh Indra Sjafri harus mengakui keunggulan lawan usai gagal mengejar ketertinggalan hingga bubaran.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-24 vs Chinese Taipei

Timnas Indonesia U-24: Muhammad Adi Satryo; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Mohammad Haykal Alhafiz; Ananda Raehan, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu; Titan Agung,  Ramai Rumakiek, Egy Maulana Vikri.

Chinese Taipei U-24: Chiu Yu Hung; Wang Yi You, Liang Meng Hsin, Fang Li Peng; Tu Shao Chieh, Whu Yen Shu, Yu Yao Hsing, Wen Chih Hao, Chin Wen Yen; Lin Wei Chien, Chen Po Liang.

4 dari 4 halaman

Jadwal, Hasil, dan Klasemen Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2023

Selasa, 19 September 2023

Indonesia vs Kirgistan: 2-0

 

Kamis, 21 September 2023

Chinese Taipei vs Indonesia: 1-0

 

Minggu, 24 September 2023

15.00 WIB: Korea Utara vs Timnas Indonesia

 

Klasemen Grup F

 Urutan  Negara   Main  Menang   Imbang   Kalah   Gol  Poin
 1.  Korea Utara  1  1  0  0  2-0  3
 2.   Chinese Taipei  2   1   0   1   1-2   3 
 3.   Indonesia  2   1   0   1   2-1   3 
 4.   Kirgistan   1   0   0   1   0-2   0 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.