Sukses

Skenario Timnas Indonesia U-24 Tembus ke 16 Besar Asian Games 2023: Cukup Menang Lawan Chinese Taipei

Timnas Indonesia U-24 telah memulai perjuangannya di ajang Asian Games 2023 Hangzhou. Skuad racikan Indra Sjafri bahkan sudah memenangkan laga perdana pada Selasa (19/9/2023) lalu dan tengah berada di posisi yang cukup bagus untuk lolos ke 16 besar. Simak skenario Timnas Indonesia U-24 lolos ke fase gugur Asian Games melalui artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-24 telah memulai perjuangannya di ajang Asian Games 2023 Hangzhou. Skuad racikan Indra Sjafri bahkan sudah memenangkan laga perdana pada Selasa (19/9/2023) lalu dan tengah berada di posisi yang cukup bagus untuk lolos ke 16 besar.

Sekadar informasi, pasukan Garuda Muda tergabung dalam Grup F Asian Games edisi ini. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan harus bersaing dengan Kirgistan, Chinese Taipei, serta Korea Utara demi memperebutkan tiket menuju babak selanjutnya.

Adapun Timnas Indonesia U-24 sebelumnya sukses menaklukkan Kirgistan dengan 2-0 berkat gol Ramai Rumakiek dan Hugo Samir dua hari silam.

Hasil tersebut mengantar pasukan Merah Putih memimpin puncak klasemen sementara Grup F dengan dibuntuti Korea Utara. Kedua negara sejatinya sama-sama mengoleksi 3 poin serta 2 gol dari 1 pertandingan, tetapi Indonesia berhak menempati posisi lebih tinggi lantaran unggul poin fair play yang dihitung berdasarkan perolehan kartu kuning dan merah.

Catatan ini sekaligus membuka kans Indonesia untuk tembus mudah ke fase 16 besar. Pasalnya menurut regulasi, dua tim teratas dari total 6 grup Asian Games 2023 memang mendapat privilese untuk tampil di fase knock-out.

Sebanyak empat slot sisanya akan diberikan kepada tim peringkat tiga terbaik. Adapun perebutan tiket lewat jalur tempat ketiga saat ini hanya diramaikan oleh lima grup lantaran grup C cuma terdiri atas dua negara yaitu Uzbekistan dan Hong Kong.

Timnas Indonesia U-24 bisa langsung mengamankan tiket babak gugur apabila berhasil memetik kemenangan atas Chinese Taipei di laga kedua. Torehan enam poin sudah cukup membuat Indonesia menyabet setidaknya predikat runner-up di Grup F.

Korea Utara berpotensi otomatis mendampingi tim Merah Putih jika mereka juga sukses mengalahkan Kirgistan di matchay kedua. Indonesia dan Korea Utara selanjutnya hanya akan memperebutkan status juara grup di laga pemungkas pada Minggu (24/9/2023) bila skenario ini terwujud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Masih Punya Kesempatan Jika Kalah

Di atas kertas, Timnas Indonesia U-24 memang cukup dijagokan untuk menumpas perlawanan Chinese Taipei di Asian Games 2023 Hangzhou.

Apalagi Garuda Muda punya bekal kepercayaan diri usai Merah Putih, yang diwakili Timnas Indonesia U-23, membuktikan kedigdayaan atas Taiwan lewat kemenangan 9-0 dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2024 beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, kalau pun Chinese Taipei berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan atau menahan imbang Timnas Indonesia U-24, bukan berarti anak-anak asuh Indra Sjafri langsung kehilangan kesempatan tembus ke fase 16 besar.

Meski skenario ini kurang ideal, Rizky Ridho dan kawan-kawan dapat tetap mengunci tiket dengan mengalahkan Korea Utara di laga pemungkas. Indonesia masih bisa lolos lewat jalur juara atau runner-up, bergantung pada hasil ini serta pencapaian rival-rivalnya di grup F.

3 dari 3 halaman

Jadwal Laga Kedua Timnas Indonesia U-24 vs Chinese Taipei di Asian Games 2023

Indonesia vs Chinese Taipei

Lokasi: Zhejiang Normal University East Stadium

Hari: Kamis, September 2023

Waktu: 15.00 WIB

Siaran Langsung TV: RCTI

Live Streaming: Vision+ (https://www.visionplus.id/sports)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.