Sukses

Lewat Kejurnas, Atlet Kaltim Rebut Tiket Dua Nomor Pertandingan PON 2024

Kaltim dipastikan akan mengirimkan wakil pada PON 2024 di cabang olahraga berkuda.

Liputan6.com, Jakarta- Kalimantan Timur sukses memastikan perwakilannya pada pertandingan komisi Equestrian disiplin Jumping Pekan Olahraga Nasional atau PON 2024 di Deli Serdang, Sumatera Utara pada September Tahun 2024. Tiket PON XXI Aceh-Sumut 2024 diraih oleh tim Beregu Jumping 100cm dan Individu Jumping 100cm pada Kejurnas Equestrian Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) tahun 2023 yang merupakan Babak kualifikasi PON XXI 2024.

Kaltim yang diperkuat Raihan Abyaz Nurohim, Keisha Navina Leif Zhou, Zihni Hazimyana Ash Shidiq, dan Achmad Fahri Kardian menempati peringkat kelima. Pertandingan digelar pada tanggal 14 September 2023 dengan juri Jupri Mardi di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) Jakarta Timur. Dari total 12 nomor pertandingan pada komisi Equestrian itu, setiap nomor akan ada kuota 5 terbaik di tambah 2 provinsi tuan rumah.

Pada nomor beregu Jumping 100 cm, juaranya adalah Jawa Barat, diikuti Daerah Istimewa Yogyakarta, dan ketiga Banten. Posisi keempat yang berada di atas Kaltim adalah tuan rumah Sumatera Utara yang mana mendapatkan Wild Card lolos PON XXI.

Selain itu, Keisha yang berlaga di nomor individu Jumping 110cm pada 15 September 2023 menempati peringkat keempat, di bawah atlet Jawa Barat yang menjadi juara, DKI Jakarta dan DIY.

“Kami bersyukur, Alhamdulillah tim Jumping junior Kaltim lolos kualifikasi dan akan bertanding pada PON XXI 2024 di wilayah Sumut karena menempati peringkat ke 5 dari total 9 kontingen yang tampil, posisi keempat yaitu Sumut lolos dengan hak sebagai tuan rumah” kata manajer kontingen Kaltim Nunut Setyowadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kaltim Genjot Persiapan Hadapi PON 2024

“Untuk individunya Jumping junior Kaltim baru bisa menduduki peringkat ke 4 dari 30 peserta dengan Rider Keisha, dan untuk Jumping senior individunya peringkat ke-9 dari total 22 peserta dengan Rider Denis Sanjaya,” sambungnya menerangkan.

Dalam sisa waktu satu tahun sebelum PON XXI Aceh-Sumut 2024, Kaltim akan mempersiapkan atletnya dengan pembinaan yang intens. Dengan dukungan pemerintah provinsi, KONI Kaltim, ditambah sponsor Hana’s Stable Balikpapan diyakini dapat mendorong persiapan atlet agar performanya meningkat. Harapannya, tim beregu Jumping 100cm yang kini meraih posisi kelima dan individu Jumping 110cm yang meraih posisi keempat, pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 dapat meraih medali untuk Kaltim.

3 dari 3 halaman

Kaltim Bidik Prestasi di PON 2024

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Pordasi Kaltim yang juga Walikota Balikpapan H.Rahmad Mas’ud menyampaikan selamat kepada atlet Kaltim yang lolos. Tak lupa, ia juga sampaikan apresiasi kepada atlet lainnya yang belum berhasil pada Kejurnas Equestrian Pordasi 2023. Rahmad ingatkan agar para atlet lebih gigih dalam berlatih agar pada kompetisi berikutnya mampu meraih prestasi.

“Saya percaya kemampuan atlet Kaltim untuk bisa meraih prestasi saat bertanding pada PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024. Semoga pada PON yang akan datang, kontingen Equestrian mampu turut berkontribusi mempersembahkan medali untuk Kaltim,” kata Walikota Balikpapan yang juga pemilik Hana’s Stable.

“Semoga perkembangan olahraga berkuda, khususnya di Kaltim bisa lebih baik ke depannya, apa lagi segera dikenal sebagai Ibu Kota Nusantara,” tutup Ketua Pordasi Kaltim.

Ketua Kontingen Andi Muhammad Saleh berharap atlet Equestrian Kaltim yang sudah lolos dapat bertanding PON XXI Aceh-Sumut 2024. “Kami bersyukur Kaltim lolos babak kualifikasi pada dua nomor pertandingan. Hasil ini kami laporkan ke KONI Kaltim dengan harapan dapat didukung agar bisa mengikuti pertandingan Equestrian PON XXI Tahun 2024 di Sumut,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini