Sukses

Barcelona Gilas Antwerp 5-0, Robert Lewandowski Cetak Rekor Spesial di Liga Champions

Barcelona berhasil menang besar atas klub Belgia Antwerp pada matchday pertama grup H Liga Champions. Robert Lewandowski cetak rekor gol spesial.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona berhasil mencetak kemenangan fantastis saat menggilas Antwerp 5-0 di stadion Olimpic Lluis Companys, Rabu (20/9/2023). Lima gol Barcelona dicetak Joao Felix (menit 11,66), Robert Lewandowski (19, J Bataille (22) dan Gavi (54).

Barca mengulangi skor besar dalam waktu yang singkat di pekan ini. Di akhir pekan lalu, Barcelona juga baru menggilas Real Betis 5-0 di Liga Champions.

Di balik kesuksesan tim, ada sorotan untuk striker Barcelona, Robert Lewandowski. Dia mencetak gol ke-100 nya di kompetisi Eropa, utamanya di Liga Champions saat mencetak gol lawan Antwerp.

Dia berhasil melakukan itu dalam 139 kali penampilan di Liga Champions bersama empat klub berbeda. Dia melakukan itu bersama Lech Pznan (6 gol di 16 pertandingan), Borussia Dortmund (18 gol di 36 laga), Bayern Munchen (69 gol di 79 laga) dan sekarang Barcelona (7 gol di 8 laga).

Musim ini, Lewandowski punya tandem menarik di lini depan. Seperti saat melawan Antwerp, dia mendapatkan umpan dari Joao Felix pemain pinjaman dari Atletico Madrid yang sudah mencetak 3 gol untuk Barcelona.

Sebelumnya, Joao Felix juga yang memberi umpan saat Robert Lewandowski mencetak gol lawan Real Betis. Ini kali keempat beruntun Lewandowski mencetak gol setelah sebelumnya lawan Villarreal dan Osasuna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidak Semua di Liga Champions

 

Gol Robert Lewandowski mayoritas terjadi di Liga Champions, tapi ternyata ada juga yang terjadi di kompetisi Eropa lainnya. 92 gol memang berasal dari 112 laga di Liga Champions.

Dua gol di 8 laga Liga Europa, 3 di UEFA Cup dan 2 gol di 6 laga kualifikasi Liga Europa dan 1 gol di 8 pertandingan kualifikasi UEFA Cup. Jumlah golnya bisa lebih kalau menghitung aksi di Piala Dunia Klub, tapi itu masuk dalam kalender FIFA.

Saat ini, dia menjadi pencetak gol terbanyak ketiga di kompetisi Eropa. Dia masih ada di bawah Lionel Messi (132) dan Cristiano Ronaldo (145).

 

3 dari 5 halaman

Torehan di Liga Champions

 

Sedangkan torehan gol Lewandowski di Liga Champions belum mencapai 100 gol. Dia baru mencetak 92 gol.

Dia masih jauh tertinggal dari Lionel Messi (129) dan Ronaldo (140) gol. Dibutuhkan usaha fantastis bagi Lewandowski untuk mendekati dua legenda sepak bola yang sudah tak main di Eropa lagi.

 

4 dari 5 halaman

Komentar Xavi Usai Barcelona Menang Besar

 

Usai laga, Xavi mengaku sangat puas dan senang dengan kemenangan telak yang diraih anak asuhnya. Menurutnya, ini adalah skuad terbaik Barcelona sejak dipimpin olehnya.

Dia yakin akan hal itu karena sebelumnya Blaugrana juga sukses menang telak 5-0 atas Real Betis dalam lanjutan Liga Spanyol 2023/2024.

“Saya sangat puas. Sangat senang dengan hasil ini, tapi yang terpenting adalah kualitas permainan kami saat ini,” kata Xavi, dilansir dari situs resmi UEFA, Rabu (20/9/2023).

"Antara kemenangan ini dan kemenangan 5-0 melawan Betis pada hari Sabtu, saya pikir ini mungkin kualitas permainan terbaik yang kami miliki. Dihasilkan sejak saya mengambil alih. Ini adalah jalan yang ingin kami lalui. Tim ini membuat saya banggaa,” dia menambahkan.

 

5 dari 5 halaman

Xavi Puji Joao Felix

 

Xavi juga memuji 3 pemain baru Barcelona Ilkay Gundogan, Joao Cancelo dan Joao Felix. Ketiga pemain memberi pengaruh besar untuk permainan Barcelona.

Bahkan pelatih Royal Antwerp, Mark Van Bommel, sampai mengakui Barcelona memiliki skuad yang bagus untuk saat ini.

“João yang lain hanya 'memahaminya' segera. Dia memahami gaya bermain. Dia memahami perannya dengan sempurna. Kami perlu menjaga konsentrasi dan intensitas. Van Bommel mengatakan kepada saya bahwa menurutnya kami memiliki tim yang sangat bagus,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.