Sukses

PP PBSI Masih Evaluasi Target Medali Tim Bulu Tangkis Indonesia di Asian Games 2023

Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna ogah terburu-buru mengungkap target yang ditetapkan pihaknya bagi skuad badminton Indonesia di Asian Games 2023. Ia mengeklaim PBSI masih berupaya melakukan evaluasi agar bisa memasang target yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Tim bulu tangkis Indonesia bakal segera mengawali perjuangannya di ajang Asian Games 2023. Skuad Merah Putih dijadwalkan bersaing mulai 28 September hingga 7 Oktober mendatang.

Jonatan Christie dan kawan-kawan menjadi salah satu tumpuan harapan Indonesia untuk menyumbang medali emas di turnamen tersebut. Pasalnya, cabang olahraga badminton Merah Putih memang punya track record apik di ajang internasional.

Indonesia sendiri tercatat sukses mempersembahkan dua medali emas dalam Asian Games 2018 lalu. Salah satunya disabet oleh Jonatan Christie dari nomor tunggal putra, sementara sisanya menjadi milik Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra). 

Skuad bulu tangkis Indonesia pun diharapkan dapat mengulang kejayaan yang sama dalam ajang olahraga multievent Asia edisi ini. Apalagi pasukan Merah Putih dibebani target mengoleksi 12 medali emas dan finis minimal di urutan 12 klasemen akhir Asian Games 2023 Hangzhou.

Menanggapi situasi tersebut, Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna ogah terburu-buru mengungkap target yang ditetapkan pihaknya bagi skuad badminton Indonesia. Ia mengeklaim PBSI masih berupaya melakukan evaluasi agar bisa memasang target yang tepat. 

"Izinkan saya cari waktu menyampaikan target kami secara resmi. Jangan sekarang. Saya tanya pelatih, kami sedang olah, kami sedang evaluasi, sehingga bisa tepat," tuturnya saat ditemui awak media seepas acara pengukuhan kontingen Indonesia untuk Asian Games pada Selasa (19/9/2023). 

"Teman-teman tahu, kami target saat SEA Games itu tiga (medali emas) tetapi dapatnya lebih banyak. Kami berharap yang sama (di Asian Games)," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Skuad Badminton Indonesia Dinilai Sudah Siap

Terlepas dari persoalan target, Agung menilai skuad buku tangkis Indonesia saat ini sudah berada dalam kondisi siap tampil di ajang Asian Games 2023.

Ia pun berharap Jonatan Christie dan kawan-kawan dapat menorehkan prestasi serta nantinya mendapat apresiasi yang sesuai dengan pencapaian mereka. 

"Sebenarnya kita jauh lebih siap," tutur Ketum PP PBSI kepada awak media pasca pengukuhan kontingen Asian Games di Auditorium Kementerian PUPR, Selasa (19/9/2023). 

"Tapi, harus dipahami bahwa pandemi itu kan membuat sejumlah event tertunda. Begitu ditunda, intensitasnya langsung naik. Walaupun atlet kita banyak, tetapi intensitas mereka untuk diturunkan itu tinggi. Itu yang kira-kira menjadi pertimbangan kami melakukan pembinaan."

"Dalam artian kami harus mempertimbangkan kesiapan atlet, ya mereka siap, tetapi kami akan melakukan upaya terbaik kami supaya di 2023 ini melakukan persiapan terbaik supaya juga mendapatkan hasil terbaik," tandasnya

3 dari 3 halaman

Daftar Skuad Bulu Tangkis Indonesia di Asian Games 2023

Skuad Putra

Anthony Sinisuka Ginting 

Chico Aura Dwi Wardoyo 

Daniel Marthin

Fajar Alfian

Jonatan Christie

Leo Rolly Carnando

Muhammad Rian Ardianto

Rehan Naufal Kusharjanto 

Rinov Rivaldy

Shesar Hiren Rhustavito 

 

Skuad Putri 

Amalia Cahaya Pratiwi 

Apriyani Rahayu

Ester Nurumi Tri Wardoyo

Febriana Dwipuji Kusuma

Gregoria Mariska Tunjung

Komang Ayu Cahya Dewi

Lisa Ayu Kusumawati

Pitha Haningtyas Mentari

Putri Kusuma Wardani

Siti Fadia Silva Ramadhanti 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.