Sukses

Lolos ke Piala Asia U-23 Qatar 2023, Presiden Jokowi Berharap Timnas Indonesia Jauh Lebih Siap

Presiden Republik Indonesia gandeng tangan Jan Ethes saat menyapa suporter di tribun VIP saat jeda pertandingan Indonesia vs Turkmenistan di kualifikasi Piala Asia U-23 2023.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 sukses mengkandaskan Turkmenistan dengan skor 2-0 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Grup K di Stadion Manahan, Solo, Selasa malam (12/9/2023). Hasil ini sekaligus mengantar Indonesia ke putaran final yang akan berlangsung di Qatar pada 2024 mendatang. 

Indonesia lolos sebagai juara grup lewat dua kemenangan beruntun. Sebelumnya, pada pertandingan pertama yang berlangsung akhir pekan lalu, Indonesia lebih dulu pesta gol 9-0 atas Chinese Taipei. 

Keberhasilan Tim Garuda Muda tersebut membuat Presiden Jokowi pun gembira.

Seperti diketahui Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengajak cucunya Jan Ethes Srinarendra untuk menonton langsung pertandingan di Stadion Manahan.

Selain itu pejabat tinggi yang turut mendampingi Presiden diantaranta Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Presiden Jokowi sempat menyapa para penonton yang duduk di tribun VIP saat jeda babak pertama. Sambil menggandeng Jan Ethes, Presiden Jokowi tampak turun dari tempat duduknya dan berjalan untuk menyapa para suporter yang memadati tribun di sebelah tempat duduknya di tribun VIP.

Selama menyaksikan pertandingan, Presiden Jokowi dan keluarga tampak tegang. Bahkan saat pemain Timnas U-23 sukses membobol gawang lawang, mereka pun berdiri dari tempat duduknya dan meloncat sembari teriak bahagia.Usai pertandingan, Presiden Jokowi tak bisa menyembunyikan rasa bangganya atas keberhasilan Timnas U-23 mengalahkan Turkmenistan dan mengantarkan lolos ke Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Bahkan kemenangan tersebut menjadi catatan sejarah.“Ini sejarah karena sejak 2012 sampai sekarang, kita belum pernah menang dengan Turkmenistan. Saya kira ini hadiah ulang tahun Pak Erick,” kata Presiden Jokowi di depan pintu masuk VIP sebelum meninggalkan Stadion Manahan, Solo pada Selasa malam (12/9/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Matang Hadapi Piala Asia U-23 Qatar

Menurut mantan Wali Kota Solo itu dengan keberhasilan lolos Piala Asia U-23 2024 masih memiliki waktu yang cukup panjang untuk melakukan persiapan.

Pasalnya kejuaran sepakbola tingkar Asia itu baru akan digelar di Qatar pada April 2024 mendatang.

“Ini kan masih agak panjang di bulan April sehingga persiapannya lebih panjang. Dan kita ke sana dengan kondisi yang jauh lebih siap,” tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Presiden Jokowi Beri Dukungan

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa kehadirannya di Stadion Manahan untuk memberikan dukungan kepada para punggawa Timnas U-23 bertanding. Hasil yang diraih Arhan Pratama dan kawan-kawang sesuai dengan prediksinya sejak awal, yakni menang.

“Sore tadi saya datang bersama Pak Ketua PSSI Pak Erick Thohir untuk memberikan dukungan pada laga malam ini antara U-23 Timnas kita dengan Turkmenistan. Laganya saya lihat sangat keras dan menyerang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.