Sukses

Fans Histeris Sambut Kedatangan Pemain Timnas Indonesia U-23 di Lokasi Latihan

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Turkmenistan pada laga kedua babak penyisihan grup K, Piala Asia U-23 2023.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 kembali menggelar latihan secara tertutup di Stadion Sriwedari, Solo, Senin (11/9/2023). Latihan jelang laga melawan Turkmenistan ini diikuti semua pemain skuad Garuda Muda.

Sebelumnya, timnas Indonesia berhasil mengalahkan Chinese Taipei dengan skor 9-0. Hasil ini sekaligus menempatkan Garuda Muda di puncak klasemen semengtara Grup K Piala Asia U-23 dengan 3 poin. 

Puluhan orang tampak memadati depan pintu masuk Stadion Sriwedari. Mereka datang ke kawasan stadion yang menjadi Monumen PON I 1948 sejak pukul 17.30 WIB agar bisa melihat dari dekat pemain Timnas U-23 idolanya.

Sementara itu bus yang membawa rombongan Timnas Indonesia U-23 tiba di Stadion Sriwedari sekitar pukul 18.24 WIB. Sedangkan pelatih Shin Tae-Yong lebih dulu datang ke lapangan latihan sekitar pukul 18.15 WIB.

Saat para pemain turun dari bus, puluhan orang yang didominasi perempuan itu menjerit histeris. Mereka memanggil-manggil nama pemain kebanggaannya saat berjalan dari bus menuju tempat latihan di dalam stadion. Sejumlah petugas steward tampak berjaga di jalur yang dilalui para pemain agar para suporter Timnas U-23 itu tidak mendekatinya. Akses yang dilintasi para pemain juga dipasangi garis pembatas.

Latihan satu hari menjelas pertandingan versus Turkmenistan dalam Kualifikasi Piala Asia Grup K itu dipimpin langsung Shin Tae-Yong. Tak seperti pada latihan Minggu kemarin, pada malam hari ini semua pemain bergabung dalam latihan tersebut. Latihan diawali dengan pemanasan dan peregangan otot.

Setelah itu para Elkan Baggot dan kawan-kawan bermain game dengan mengikuti instruksi pelatih. Coach Shin terlihat fokus mematangkan strategi permainan untuk melawan Turkmenistan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Timnas Indonesia U-23 Menang 9-0

Sementara itu, pada pertandingan pertama di grup K, Indonesia menang telak 9-0 atas Chinese Taipei di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9) malam WIB. Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-23 memimpin klasemen Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Grup K dengan 3 poin. Sementara Chinese Taipei di dasar klasemen atau posisi ketiga dengan nol poin setelah pada laga sebelumnya kalah 0-4 dari Turkmenistan.

Timnas Indonesia U-23 bermain menyerang sejak awal laga. Tendangan bebas Marselino Ferdinan di sisi kanan pertahanan Chinese Taipei pada menit ke-2 menjadi gol pembuka.

Empat menit berselang, Ramadhan Sananta menggandakan skor Skuad Garuda Muda. Unggul 2-0 tidak membuat Timnas Indonesia mengendurkan serangan.

Pada menit ke-19, Rafael William Struick mencetak gol ketiga tuan rumah. Lewat kerja sama apik antara Witan Sulaiman dan Marselino, Rafael menutaskannya dengan tendangan kaki kiri.

Witan menambah keunggulan Timnas Indonesia pada menit ke-29. Memanfaatkan umpan terukur dari Ivar Jenner, dia dengan tenang menaklukkan kiper Chinese Taipei Hsiang Chun.

Ramadhan Sananta nyaris mencetak gol kedua di menit ke-38. Sayang, sundulannya masih membentur mistar gawang.

Dua menit berselang, giliran Rio Fahmi yang menjebol gawang Chinese Taipei. Menerima sodoran Witan, Fahmi melepaskan tendangan keras di kotak penalti.

Skor pun berubah menjadi 5-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-23 atas Chinese Taipie yang tidak memberikan tekanan berakhir pada babak pertama.

3 dari 4 halaman

Jalannya Babak Kedua

Memasuki babak kedua, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong memainkan Hokky Caraka untuk menggantikan Ramadhan Sananta. Masuknya Hokky tidak mengendurkan serangan Garuda Muda.

Hasilnya, Timnas Indonesia U-23 mencetak gol keenam pada menit ke-56. Elkan Baggot merobek gawang Chinese Taipei setelah menanduk umpan sepak pojok Arkhan Fikri.

Dua menit berselang, Marselino kembali mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat umpan terukur dari Ivar Jenner, Marselino mengecoh bek Chinese Taipei sebelum menaklukkan kiper Hsiang Chun.

Hokky Caraka tak ingin ketinggalan mencetak gol dalam laga ini. Menerima sodoran Fajar Fatur Rahman di depan mulut gawang, dia dengan tenang merobek gawang Chinese Taipei pada menit 78.

Pratama Arhan membawa Timnas Indonesia unggul 9-0 dengan golnya pada menit ke-84. Gol ini berawal dari umpan terobosan dan Arhan memenangi duel dengan kiper Hsiang Chun untuk menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Timnas Indonesia U-23 berpeluang menambah keunggulan pada menit ke-89. Namun, tendangan penalti Rafael William Struick bisa diblok kiper Hsiang Chun. Hingga pertandingan usai, skor tidak berubah.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari (PG); Ilham Rio, Elkan Baggot, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Witan Sulaeman; Ramadhan Sananta, William Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

China Taipei U-23: Hsiang Chun (PG); Meng Hsin, Chia Pao, Wei Chieh; Cheng En, Chun Kai, Po Chieh, Pui Hei; Chung Liang, Huang Whei Chieh, Hsuan Wei

Pelatih: Tseng Tai Lin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.