Sukses

Di Bawah Terik Matahari, Timnas Indonesia U-23 Kembali Berlatih Jelang Lawan Turkmenistan

Pemain Timnas Indonesia U-23 dibagi menjadi dua tim. Pemain yang jadi starter hanya berlatih di gym, sedangkan sisanya berlatih di stadion Sriwedari agar bisa menyamai kondisi fisik pemain starter.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 tak mau larut dengan euforia kemenangan 9-0 atas Chinese Taipei pada laga grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 yang berlangsung di stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023). Pelatih Timnas U-23 langsung berlatih lagi keesokan harinya di stadion Sriwedari, Solo di bawah pimpinan Shin Tae-Yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu lebih dulu tiba di Stadio Sriwedari yang menjadi tempat latihan skuad Garuda Muda selama mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Grup K. Setelah itu para pemain menyusul datang ke stadion dengan menggunakan bus.

Latihan Timnas U-23 Indonesia digelar mulai pukul 11.00 WIB. Di bawah sengatan terik matahari, para pemain itu tetap semangat mengikuti latihan untuk persiapan menghadapi Timnas Turkmenistan U-23 pada Selasa (12/9/2023) nanti.

Namun dari skuad Timnas Indonesia U-23, para pemain yang bergabung dalam latihan siang ini hanya pemain yang semalam tidak diturunkan saat laga melawan Chinese Taipei. Elkan Balgot, Rizky Ridho, Merselino Ferdinan hingga Pratama Arhan tidak ikut bergabung dalam latihan di Stadion Sriwedari siang ini.

Total ada 11 pemain termasuk dua kiper yang ikut latihan. Sedangkan tiga pemain skuad Garuda Muda yang sempat bermain membantu Timnas Indonesia senior saat laga FIFA Matchday melawan Turkmenistan ikut berlatih. Adapun pemain itu seperti Alfeandra Dewangga, Dony Tri Pamungkas dan Dzaky Asraf.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Latihan Timnas U-23 Dibagi Dua Tim

 

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengatakan latihan skuad timnas hari ini dibagi menjadi dua tim. Tim yang pertama adalah para pemain yang semalam ikut bertanding melawan Chinese Taipei. Kini mereka melakukan latihan pemulihan.

“Tim pertama pemulihan ya. Mereka akan pemulihan di gim. Siapa pemain yang dapat bermain kemarin,” kata dia di Stadion Sriwedari, Solo, Minggu (10/9/2023).

Sedangkan tim kedua, lanjut Shin Tae-yong merupakan para oemain yang tidak ikut dimainkan dalam pertandingan semalam. Mereka berlatih di Stadion Sriwedari pada Minggu siang ini.

“Siapa pemain yang tidak dapat bermain kemarin, dalam waktu singkat mau disamakan fisiknya seperti pemain yang dapat bermain kemarin,” ujar dia.

 

3 dari 5 halaman

Pesan Erick Thohir untuk Pemain Timnas Indonesia U-23

 

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut baik kemenangan Timnas Indonesia U-23 melawan Chinese Taipei dengan skor 9-0. Kemenangan itu merupakan kado terindah yang bertepatan dengan Peringatan Haornas yang jatuh pada hari ini, Sabtu (9/9/2023).

“9 September 1948 Hari Olahraga Nasional. Hari ini tentu adalah hadiah buat Haornas yang memang lahirnya di Solo,” kata Erick Thohir kepada wartawan usai menyaksikan pertandingan Timnas U-23 versus Chinese Taipei di Stadion Manahan, Solo, Sabtu malam (9/9/2023).

Menurut dia, peringatan Haornas itu berbarengan dengan penyelenggaraan PON I 1948 yang diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo pada (9/9/1948) silam. Skor kemenangan yang diraih aanak asuh Shin Tae-Yong dalam laga itu juga menyerupai dengan tanggal hari ini, 9 September.

“Angka kemenangannya pas lagi 9-0, 9 September. Selamat kepada tim Indonesia,” ucapnya.

Usai pertandingan, Erick Thohir juga sempat menemui skuad Garuda Muda dan sang pelatih Shin Tae-yong di ruang ganti. Dalam kesempatan itu, ia berpesan kepada pelatih asal Korea Selatan itu untuk benar-benar fokus dalam menangani tim. Rencananya skuad Timnas U-23 akak menjadi tim yang dipersiapkan untuk masa depan.

“Karena kita berharap tentu kalau tanggal 12 September bermain baik dan kita masuk. Yang namanya kejuaraan U-23 AFC di Qatar bulan April, sehingga itu babak kualifikasi olimpiade. Lalu sama pemain, saya bilang Anda mau nggak maun olimpiade?,” kata dia kepada para pemain. 

 

4 dari 5 halaman

Erick Thohir Ingatkan Pemain Tidak Aragoan

Ia pun berpesan kepada para pemain untuk tidak membusungkan dada atas kemenangan telak pada malam ini. Pasalnya tim yang akan dihadapi pada babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada Selasa (12/9/2023) adalah Turkmenistan.

“Jangan sampai kemenamgan 9-0 ini terlela. Tanggal 12 juga Turkmenistan bukan tim yang dianggap sebelah mata. Mereka menang 4-0 laga sebelumnya. Dan beberapa pemain yang bertanding dengan tim senior juga akan gabung di U-23 mereka. Ayo fokus,” tegasnya.

 

5 dari 5 halaman

Shin Tae-Yong Puji Pemain Timnas U-23

 

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-Yong memberi aplaus kepada pemain karena berhasil menang besar. Dia senang karena banyak kemajuan yang diperlihatkan Garuda Muda.

“Saya memberikan tepuk tangan kepada para pemain yang telah bekerja keras sehingga berhasil mengalahkan lawan dengan 9-0,” kata Shin Tae-yong saat konferensi pers usai pertandingan di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023).

Shin Tae-yong menyebut, kemenangan telak tersebut membuktikan adanya peningkatan kualitas permainan di skuad. Dia pun tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ramadhan Sananta dan kawan-kawan.

“Dengan skor hari ini menunjukkan bahwa permainan timnas sudah berkembang dibandingkan sebelumnya,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.