Sukses

Timnas U-23 Indonesia Cukur Chinese Taipei 9-0, Shin Tae-yong Beri Aplaus ke Pemain

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengaku sangat bangga dengan para pemainnya usai menggunduli Chinese Taipei dengan skor 9-0 pada pertandingan Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengaku sangat bangga dengan para pemainnya usai menggunduli Chinese Taipei dengan skor 9-0 pada pertandingan Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

“Saya memberikan tepuk tangan kepada para pemain yang telah bekerja keras sehingga berhasil mengalahkan lawan dengan 9-0,” kata Shin Tae-yong saat konferensi pers usai pertandingan di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023).

Shin Tae-yong menyebut, kemenangan telak tersebut membuktikan adanya peningkatan kualitas permainan di skuad. Dia pun tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ramadhan Sananta dan kawan-kawan.

“Dengan skor hari ini menunjukkan bahwa permainan timnas sudah berkembang dibandingkan sebelumnya,” ujar dia.

Seperti diketahui timnas U-23 Indonesia berhasil mencukur Chinese Taipei dengan skor 9-0 pada persaingan Grup K yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu malam.

Dengan pesta gol itu membuat Timnas Indonesia U-23 memimpin klasesemen dengan raihan tiga poin. Sedangkan Chinese Taipei di dasar klasemen atau posisi ketiga dengan nol poin setelah laga sebelumnya kalah dari Turkmenistan 0-4.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan Timnas U-23 Indonesia vs Chinese Taipei

Timnas Indonesia U-23 bermain menyerang sejak awal laga. Tendangan bebas Marselino Ferdinan di sisi kanan pertahanan Chinese Taipei pada menit ke-2 menjadi gol pembuka.

Empat menit berselang, Ramadhan Sananta menggandakan skor Skuad Garuda Muda. Unggul 2-0 tidak membuat Timnas Indonesia mengendurkan serangan.

Pada menit ke-19, Rafael William Struick mencetak gol ketiga tuan rumah. Lewat kerja sama apik antara Witan Sulaeman dan Marselino, Rafael menutaskannya dengan tendangan kaki kiri.

Witan menambah keunggulan Timnas Indonesia pada menit ke-29. Memanfaatkan umpan terukur dari Ivar Jenner, dia dengan tenang menaklukkan kiper Chinese Taipei Hsiang Chun.

Ramadhan Sananta nyaris mencetak gol kedua di menit ke-38. Sayang, sundulannya masih membentur mistar gawang.

Dua menit berselang, giliran Rio Fahmi yang menjebol gawang Chinese Taipei. Menerima sodoran Witan, Fahmi melepaskan tendangan keras di kotak penalti.

Skor 5-0 bagi Indonesia tidak berubah hingga jeda.

3 dari 3 halaman

Babak Kedua dan Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Chinese Taipei

Memasuki babak kedua, pelatih Shin Tae-yong memainkan Hokky Caraka untuk menggantikan Ramadhan Sananta. Masuknya Hokky tidak mengendurkan serangan Garuda Muda.

Hasilnya, Timnas Indonesia U-23 mencetak gol keenam pada menit ke-56. Elkan Baggot merobek gawang Chinese Taipei setelah menanduk umpan sepak pojok Arkhan Fikri.

Dua menit berselang, Marselino kembali mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat umpan terukur dari Ivar Jenner, Marselino mengecoh bek Chinese Taipei sebelum menaklukkan kiper Hsiang Chun.

Hokky Caraka tak ingin ketinggalan mencetak gol dalam laga ini. Menerima sodoran Fajar Fatur Rahman di depan mulut gawang, dia dengan tenang merobek gawang Chinese Taipei pada menit 78.

Pratama Arhan membawa Timnas Indonesia unggul 9-0 dengan golnya pada menit ke-84. Gol ini berawal dari umpan terobosan dan Arhan memenangi duel dengan kiper Hsiang Chun untuk menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Timnas Indonesia U-23 berpeluang menambah keunggulan pada menit ke-89. Namun, tendangan penalti Rafael William Struick bisa diblok kiper Hsiang Chun. Hingga pertandingan usai, skor tidak berubah.

Susunan Pemain 

Indonesia: Ernando Ari; Ilham Rio, Elkan Baggot, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Witan Sulaeman; Ramadhan Sananta, William Struick

Chinese Taipei:Hsiang Chun; Meng Hsin, Chia Pao, Wei Chieh; Cheng En, Chun Kai, Po Chieh, Pui Hei; Chung Liang, Huang Whei Chieh, Hsuan Wei

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.