Sukses

Klasemen Kualifikasi Piala Asia U-23 2024: Di Atas Angin, Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Qatar

Timnas Indonesia di atas angin pada kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Tiket turnamen utama di Qatar dalam jangkauan usai digenggam mencatat hasil bagus di laga pembuka.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia di atas angin pada kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Tiket turnamen utama di Qatar tahun depan dalam jangkauan usai digenggam mencatat hasil bagus di laga pembuka.

Pasukan Shin Tae-yong menghajar Chinese Taipei 9-0 di Stadion Manahan, Sabtu (9/9/2023). Marselino Ferdinan (2), Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Witan Sulaeman, Rio Fahmi, Elkan Baggott, Hokky Caraka, dan Pratama Arhan mencatatkan nama di papan skor bagi Garuda Muda.

Hasil ini menempatkan timnas U-23 Indonesia di puncak klasemen Grup K. Dengan koleksi tiga angka, mereka unggul selisih gol atas Turkmenistan. Sementara Chinese Taipei sudah dipastikan menjadi penghuni posisi buncit.

Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi Turkmenistan pada partai penentu juara grup, Selasa (12/9/2023). Garuda Muda cukup bermain imbang demi demi mempertahankan posisi sekaligus lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Seperti diketahui, hanya juara grup yang otomatis lolos ke turnamen utama. Sementara empat runner-up terbaik dari 11 grup kualifikasi turut mendapat tiket. 

Berikut klasemen kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada persaingan Grup K: 

 Peringkat  Main  Menang  Imbang  Kalah  Gol  Poin
 1. Indonesia  1  1   0  0  9-0  3
 2. Turkmenistan  1  1  0  0  4-0  3
 3. Chinese Taipei  2  0  0  2  0-13  0

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan Timnas U-23 Indonesia vs Chinese Taipei

Timnas Indonesia U-23 bermain menyerang sejak awal laga. Tendangan bebas Marselino Ferdinan di sisi kanan pertahanan Chinese Taipei pada menit ke-2 menjadi gol pembuka.

Empat menit berselang, Ramadhan Sananta menggandakan skor Skuad Garuda Muda. Unggul 2-0 tidak membuat Timnas Indonesia mengendurkan serangan.

Pada menit ke-19, Rafael William Struick mencetak gol ketiga tuan rumah. Lewat kerja sama apik antara Witan Sulaeman dan Marselino, Rafael menutaskannya dengan tendangan kaki kiri.

Witan menambah keunggulan Timnas Indonesia pada menit ke-29. Memanfaatkan umpan terukur dari Ivar Jenner, dia dengan tenang menaklukkan kiper Chinese Taipei Hsiang Chun.

Ramadhan Sananta nyaris mencetak gol kedua di menit ke-38. Sayang, sundulannya masih membentur mistar gawang.

Dua menit berselang, giliran Rio Fahmi yang menjebol gawang Chinese Taipei. Menerima sodoran Witan, Fahmi melepaskan tendangan keras di kotak penalti.

Skor 5-0 bagi Indonesia tidak berubah hingga jeda.

3 dari 3 halaman

Babak Kedua dan Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Chinese Taipei

Memasuki babak kedua, pelatih Shin Tae-yong memainkan Hokky Caraka untuk menggantikan Ramadhan Sananta. Masuknya Hokky tidak mengendurkan serangan Garuda Muda.

Hasilnya, Timnas Indonesia U-23 mencetak gol keenam pada menit ke-56. Elkan Baggot merobek gawang Chinese Taipei setelah menanduk umpan sepak pojok Arkhan Fikri.

Dua menit berselang, Marselino kembali mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat umpan terukur dari Ivar Jenner, Marselino mengecoh bek Chinese Taipei sebelum menaklukkan kiper Hsiang Chun.

Hokky Caraka tak ingin ketinggalan mencetak gol dalam laga ini. Menerima sodoran Fajar Fatur Rahman di depan mulut gawang, dia dengan tenang merobek gawang Chinese Taipei pada menit 78.

Pratama Arhan membawa Timnas Indonesia unggul 9-0 dengan golnya pada menit ke-84. Gol ini berawal dari umpan terobosan dan Arhan memenangi duel dengan kiper Hsiang Chun untuk menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Timnas Indonesia U-23 berpeluang menambah keunggulan pada menit ke-89. Namun, tendangan penalti Rafael William Struick bisa diblok kiper Hsiang Chun. Hingga pertandingan usai, skor tidak berubah.

Susunan Pemain 

Indonesia: Ernando Ari; Ilham Rio, Elkan Baggot, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Witan Sulaeman; Ramadhan Sananta, William Struick

Chinese Taipei:Hsiang Chun; Meng Hsin, Chia Pao, Wei Chieh; Cheng En, Chun Kai, Po Chieh, Pui Hei; Chung Liang, Huang Whei Chieh, Hsuan Wei

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini