Sukses

Pakai Tongkat, Francesco Bagnaia Ungkap Penyebab Terpelanting dari Motornya di MotoGP Catalunya

Francesco Bagnaia merasa beruntung karena selamat dari kecelakaan horor yang menimpanya di MotoGP Catalunya. Dia pun sudah selidiki penyebab kecelakaan.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia selamat dari kecelakaan horor yang menimpanya di MotoGP Catalunya di sirkuit Barcelona, Minggu (3/9/2023). Bagnaia mengalami highside atau terpelanting dari motor di lap pertama.

Tak cuma jatuh, kaki Pecco Bagnaia juga terlindas motor pembalap KTM Brad Binder. Kondisi ini jelas membingungkan Bagnaia.

Namun usai dinyatakan tak ada yang patah di kakinya, Francesco Bagnaia mulai cari tahu apa yang terjadi dengan motornya. Dia memberi penjelasan apa yang menyebabkan dirinya terpelanting dari motor.

"Saya tak tahu betul apa yang terjadi. Grip ban belakang saya sangat rendah saat lap pemanasan. Dan saya terpelanting cukup parah, itu bukan highside yang normal," kata Bagnaia soal insiden di MotoGP Catalunya seperti dikutip crash.

"Cukup sulit untuk mengerti apa yang terjadi saat ini. Tentu saja ini bukan kecelakaan normal. Grip ban belakang saat lap pemanasan tidaklah normal," dia menambahkan sembari menggunakan tongkat.

Balapan di MotoGP Catalunya sempat dihentikan dengan bendera merah. Pembalap Aprilia Aleix Espargaro akhirnya berhasil menjadi juara disusul rekan setim Maverick Vinales dan pembalap Pramac Ducati Jorge Martin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bagnaia Merasa Beruntung Bisa Selamat

 

Bagnaia mengaku sangat beruntung bisa selamat dari kecelakaan horor. Dia merasa bersyukur tak terjadi hal buruk di kariernya.

"Saya bernasib baik saat itu, saya harus bersyukur," ujarnya saat meninggalkan rumah sakit di Barcelona.

"Terkadang Anda membutuhkan keberuntungan."

 

3 dari 5 halaman

Bagnaia Bakal Tampil Lagi di MotoGP San Marino

 

Hebatnya, Bagnaia akan kembali bersiap untuk mempertahankan gelar juaranya di MotoGP San Marino yang berlangsung akhir pekan ini. Dia berjanji bakal tetap melakukan yang terbaik.

"Kami akan melakukan apapun agar bisa tampil lagi di Misano, tampil bagus," ujarnya.

Bagnaia saat ini masih memimpin klasemen MotoGP. Dia mengincar gelar juara MotoGP kedua secara beruntun di kariernya.

 

4 dari 5 halaman

Enea Bastianini Justru Harus Operasi

 

Hal lain terjadi dengan rekan Pecco Enea Bastianini. Dia harus menjalani dua operasi karena insiden di MotoGP Catalunya.

"Bastianini mengalami patah tulang yang tak bergeser di engkel kiri. Engkel dan tangannya sudah dibebat plester agar bisa membuatnya berangkat ke Italia," bunyi pernyataan Ducati.

 

5 dari 5 halaman

Pengakuan Brad Binder yang Tak Sengaja Melindas Kaki Bagnaia

 

Sementara itu, Brad Binder sangat terkejut dengan apa yang terjadi di MotoGP Catalunya. Dia merasa insiden yang melibatkan dirinya itu sebagai mimpi buruk seorang pembalap.

"Beberapa jam yang gila. Saya memulai balapan dengan baik dan saya berada antara Maverick Vinales dan Miguel jelang tikungan 1 dan 2," ujarnya seperti dikutip crash.

"Di tikungan 2, saya tak melihat apapun, sampai saya melihat Pecco dan motornya di tengah trek. Saya bergetar dan mencoba hindari dia dan lalu saya melindas kakinya atau sesuatu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.