Sukses

Timnas Voli Putra Indonesia Ditargetkan Tembus 6 Besar di Asian Games 2022 Hangzhou

Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo mengungkap target ambisius untuk Timnas Voli Putra Indonesia di ajang Asian Games 2022 Hangzhou. Pasukan Tanah Air diharapkan mampu tembus enam besar dalam kompetisi multi event se-Asia, yang bergulir mulai September mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo mengungkap target ambisius untuk Timnas Voli Putra Indonesia di ajang Asian Games 2022 Hangzhou.

Pasukan Tanah Air diharapkan mampu tembus enam besar dalam kompetisi multi event se-Asia, yang dijadwalkan bergulir mulai 23 September hingga 8 Oktober mendatang.

Sebagai informasi, drawing untuk cabang olahraga voli Asian Games memang sudah keluar belum lama ini. Timnas Voli Putra Indonesia tergabung dalam Grup F bersama Jepang, Filipina, dan Afghanistan.

Hasil undian tersebut membuat tim Merah Putih dipastikan harus langsung tancap gas sejak fase grup. Pasalnya, Jepang yang menjadi salah satu rival Indonesia terkenal sebagai salah satu tim paling cemerlang di Benua Kuning.

Buktinya, pasukan dari negeri sakura baru saja keluar sebagai juara dalam ajang AVC Senior Men's Championship 2023 yang digelar di Iran pada 19-26 Agustus lalu.

Sementara itu, Indonesia yang juga ambil bagian dalam turnamen serupas harus puas finis di urutan 9 setelah menggasak Thailand dengan 3-0, Sabtu (26/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PBVSI Optimistis Timnas Voli Putra Tembus 6 Besar

Terlepas dari adanya ancaman nyata Jepang sejak fase grup, Imam Sudjarwo tetap optimistis pada prospek Indonesia di kompetisi Asian Games 2023.

Sosok yang menjabat Ketum PP PBVSI periode 2023-2027 itu yakin tim Merah Putih mampu bersaing dengan negara-negara Asia lainnya, sehingga dipasangi target tembus 6 besar dalam perhelatan tersebut.

"Asian Games tentu kita ada target, ya. Target kita bisa masuk di 6 besar," ujar Imam Sudjarwo saat ditanyai Liputan6.com selepas penyambutan Timnas Voli Putra Indonesia di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (28/8/2023).

"Kita lihat kalau sekarang, yang kuat kan Qatar, China, Jepang, Iran. Nah, (untuk) yang lain, kita masih di atasnya. Paling enggak (di urutan) 5-6 besar kita masuk, mudah-mudahan," tambah dia.

3 dari 4 halaman

Timnas Voli Putra Indonesia Sudah Siap

Lebih lanjut, Imam Sudjarwo mengungkap Timnas Voli Putra Indonesia secara umum sudah siap berlaga di Asian Games 2022. Pasalnya, mereka telah melakoni sejumlah laga sebagai pemantapan, mulai dari SEA V League, AVC Challenge Cup, hingga AVC Senior Men's Championship.

"Tentu yang untuk Asian Games di China, kita sudah siap, ya, karena sebelumnya kita sudah main di SEA V League, sudah main di AVC Challenge Cup, kemudian sudah main di AVC Senior Men's yang ada di Iran," ucap Ketum PBVSI.

"Ini kan persiapannya juga luar biasa dan kita sekarang masuk TC lagi, siap untuk Asian Games di China. Mudah-mudahan, doakan saja, kita meraih yang terbaik, sehingga peringkat di dunia kita semakin meningkat," tandasnya kepada awak media.

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup Voli Asian Games Hangzhou

Grup A: China, Kirgistan, Kazakhstan

Grup B: Iran, Nepal, Bahrain

Grup C: Korea Selatan, India, Kamboja

Grup D: Taiwan, Pakistan, Mongolia

Grup E: Qatar, Thailand, Hong Kong

Grup F: Jepang, Indonesia, Filipina, Afghanistan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.