Sukses

Berpotensi Jadi Juara R3 bLU cRU European Cup 2023, Aldi Mahendra Diminta Ikuti Spirit Toprak Razgatlioglu

Enam pembalap, termasuk Aldi Satya Mahendra sama-sama berpeluang menjadi juara R3 bLU cRU European Cup 2023

Liputan6.com, Jakarta Rider Indonesia, Aldi Satya Mahendra berpeluang menjuarai R3 bLU cRU European Cup 2023. Saat ini pembalap asal Indonesia tersebut berada di posisi lima besar dengan dua race tersisa pada seri terakhir yang berlangsung di Sirkuit Magny-Cours, Prancis pada 9 September mendatang.

Ada 50 poin yang bakal diperebutkan dalam balapan nanti. Aldi yang ditemui pada saat peluncuran Yamaha Sunday Race Mandalika di Damai Indah Golf, BSD, Selasa (15/8/2023) berharap bisa meraih hasil terbaik dan finis di urutan pertama klasemen akhir R3 bLU cRU European Cup 2023.

"Ada enam termasuk saya yang berpeluang menjadi juara. Mudah-mudahan bisa mengulang hasil di seri Imola," kata Aldi kepada Liputan6.com.

Aldi saat ini menempati urutan kedua klasemen pembalap R3 bLU cRU European Cup 2023 dengan torehan 152 poin. Di posisi pertama bercokol pembalap asal Italia, Erlocani Emiliano yang terpaut 16 poin.

Sementara urutan ketiga ditempati oleh Fontanha Kevin dari Brasil dengan 140 poin. Sedangkan Manso Gustavo dan Vich Marc menguntit di urutan keempat dan kelima dengan torehan 135 poin dan 133 poin.

Keankum Kritapat dari Thailand yang berada di urutan keenam juga masih berpotensi juara musim ini. Dia mengemas 119 poin atau terpaut 49 poin dari Emiliano.

"Saya belum pernah tampil di Magny-Cours. Tapi saya sudah belajar mengenal sirkuit ini lewat playstation," Aldi menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aldi Satya Mahendra Bakal Tampil di Tampil di WorldSSP300

Keberhasilan memenangkan R3 bLU cRU European Cup 2023 otomatis mengantar Aldi ke level Kejuaraan Dunia Super Sport 300 (WorldSSP300) semusim penuh. Sebelumnya, Aldi yang tampil sebagai pembalap wild card berhasil memenangkan race 2 seri Ceko, pada 30 Juli lalu.

Menurut Manager Yamaha Racing Indonesia, Wahyu Rusmayadi, pihaknya memang telah memproyeksikan Aldi untuk tampil di WorldSSP300 musim depan. Bahkan kalau Aldi gagal menjuarai R3 bLU cRU European Cup 2023 sekalipun.

"Untuk tim mana yang akan diperkuat Aldi, saat ini kami masih kerja sama dengan BrCorse. Namun nanti akan kami kolaborasi lagi dengan Yamaha Motor Eropa untuk menentukan timnya," kata Wahyu.

 

3 dari 3 halaman

Aldi Mahendra Diminta Ikuti Jejak Toprak Razgatlioglu

Mengenai seri terakhir R3 bLU cRU European Cup 2023, Wahyu berpesan agar Aldi tidak fokus mengejar posisi pertama klasemen akhir. Menurutnya, Aldi harus meniru langkah pembalap WSBK, Toprak Razgatlioglu saat merebut juara dunia di sirkuit Mandalika, 2022 lalu.

Saat itu, Toprak yang unggul 30 poin atas saingan terdekatnya Jonathan Rea tidak fokus kepada perburuan poin. Menurut Wahyu, pembalap asal Turki itu lebih memilih memusatkan konsentrasinya dalam memenangi race demi race yang berlangung di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dua race sebenarnya berhasil dimenangkan Rea. Hanya saja, keberhasilan mencuri podium kedua pada race pertama membuat Toprak sukses mengunci gelar juara dunia. Kemenangan Toprak Razgatlioglu juga mengakhiri dominasi Jonathan Rea yang selalu juara di enam edisi WSBK sebelumnya.

"Jadi lebih baik fokus pada race saja, bukan poin. Seperti spirit Toprak pada WSBK 2022 lalu," kata Wahyu.

"Saat itu dia tidak fokus pada poin, tapi pada race demi race hingga akhirnya bisa keluar sebagai juara dunia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini