Sukses

Resmi, Yamaha Bajak Alex Rins dari Honda Mulai MotoGP 2024

Yamaha melakukan gebrakan demi memperbaiki kinerja di MotoGP. Mereka merekrut Alex Rins dari LCR Honda.

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha melakukan gebrakan demi memperbaiki kinerja di MotoGP. Mereka merekrut Alex Rins dari LCR Honda.

Rins bakal mendampingi Fabio Quartararo di tim pabrikan pada MotoGP 2024. Dia menggantikan Franco Morbidelli.

"Dengan gembira kami mengumumkan kedatangan Alex. Kami yakin dia bakal jadi aset berharga. Alex memiliki banyak pengalaman dan berkali-kali memenangkan balapan," ungkap Direktur Yamaha Racing Lin Jarvis, dilansir Crash.

Rins baru bergabung dengan LCR Honda musim ini setelah Suzuki meninggalkan MotoGP. Dia tampil sensasional dan merebut kemenangan pada seri di Amerika Serikat.

Hingga kini capaian tersebut menjadi satu-satunya ajang yang lepas dari tangan Ducati. Namun, pembalap asal Spanyol itu sekarang sedang memulihkan diri akibat cedera patah kaki.

"Alex sudah menjajal dua pabrikan di MotoGP, yang memiliki karakter mirip seperti YZR-M1. Situasi ini akan membantunya dengan cepat beradaptasi di sini," kata Jarvis.

"Saat ini dia sedang memulihkan diri. Tapi kami yakin Alex Rins akan fit sepenuhnya pada 2024. Kami sudah tidak sabar bekerja sama dengannya dan menanti kolaborasinya bersama Fabio untuk membantu performa tim ini," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yamaha Tidak Perpanjang Kontrak Franco Morbidelli

Keputusan merekrut Rins menandakan keengganan Yamaha menambah durasi kerja Morbidelli yang habis musim ini. Morbidelli gagal memenuhi ekspektasi dengan tim pabrikan. Pembalap asal Italia jebolan VR46 ini hanya berjaya saat masih di Petronas Yamaha di MotoGP 2020. 

Dengan penunjukkan ini, kursi di MotoGP 2024 juga tinggal menyisakan enam posisi saja. Sebanyak dua di antaranya ada di Gersini Racing Ducati. Dua pembalap Alex Marquez dan Fabio di Gianantonio akan mengakhiri kontrak musim ini.

Begitu juga dengan duo Mooney VR46 Ducati, Luca Marini dan Marco Bezzecchi. Posisi belum aman juga terjadi di Pramac Racing. Johann Zarco belum jelas akan hijrah kemana musim depan.

3 dari 3 halaman

Kiprah Alex Rins di MotoGP

Rins naik kelas utama MotoGP 2017 bersama Suzuki. Hingga kini dia sudah melakoni 104 balapan.

Dari jumlah tersebut, sososk berusia 27 tahun ini memetik enam kemenangan dan naik podium 18 kali. 

Capaian terbaiknya terjadi pada 2020. Ketika itu Rins menduduki peringkat tiga klasemen akhir MotoGP, hanya kalah dari Joan Mir dan Morbidelli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini