Sukses

Profil Sadio Mane, Pemain Baru Al Nassr yang Bakal Main Bareng Cristiano Ronaldo

Sadio Mane (31) akhirnya pindah ke Al Nassr, ikuti Cristiano Ronald setelah bermain di Bayern Munich pada musim 2022-2023.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan penyerang Liverpool Sadio Mane telah meninggalkan Bayern Munich untuk bergabung dengan Cristiano Ronaldo di klub Arab Saudi Al Nassr.

Dikutip dari BBC, Rabu (2/8/2023), Sadio Mane (31) mencetak 12 gol dalam 38 pertandingan untuk Bayern di musim yang mengecewakan meski awalnya tampil mengesankan.

Pemain Senegal itu juga terlibat adu fisik dengan rekan setim Leroy Sane di ruang ganti setelah kalah dari Manchester City di pertandingan Liga Champions.

Laporan menunjukkan juara Jerman telah mendapatkan kembali sebagian besar 35 juta poundsterling yang dibayarkan Liverpool untuk Mane setahun lalu.

CEO Bayern Munich Jan-Christian Dreesen menuturkan, mantan pemain Southampton yang telah menandatangani kontrak empat tahun dengan Al Nassar tidak mengalami tahun yang mudah sejak pindah dari Anfield.

“Dia tidak bisa memberikan kontribusi sebanyak yang kami semua dan dia sendiri harapkan,” ujar Dreesen.

Sebelumnya pada Selasa, 1 Agustus 2023, Manajer Bayern Thomas Tuchel menuturkan, dirinya dan Mane setuju itu adalah solusi terbaik untuk melepaskan ikatan.

“Kami berdua sepakat tidak menyukai apa yang terjadi sekarang, tapi kami pikir itu yang terbaik dalam situasi ini,” ujar Pelatih Bayern itu.

“Kadang-kadang hal-hal tidak berjalan seperti yang diinginkan semua orang. Saya selalu memiliki hubungan yang sangat baik dengannya dan ini akan tetap ada,” ia menambahkan.

Dikutip dari Antara, Sadio Mane pindah ke Bayern pada 2022 dengan harapan tinggi setelah mencetak 120 gol dalam 269 pertandingan untuk Liverpool. Ia memenangkan Liga Champions, Liga Premier, Piala FA, Piala Liga dan Piala Dunia Klub.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ikuti Cristiano Ronaldo Bergabung ke Al Nassr

Mane juga merupakan tokoh kunci dalam serangan klub Merseyside itu, tetapi gagal melanjutkan penampilan gemilang bersama Bayern. Ia yang berselisih dengan rekan setimnya Leroy Sane dan memukul pemain sayap Jerman itu membuat dedenda dan diskors oleh Bayern.

Peraih dua penghargaan Pemain Terbaik Afrika itu cetak lebih dari 20 gol dalam lima musim terakhirnya bersama Liverpool. Namun, ia hanya cetak 12 gol untuk Bayern.

Sebelumnya Al-Nassr menandatangani kesepakatan dengan pemenang lima kali Ballon d’Or Cristiano Ronaldo pada Desember dan mengikutinya musim panas ini dengan menambahkan gelandang Kroasia Marcelo Brozovic, bek sayap Brasil Alex Telles dan gelandang Pantai Gading Seko Fofana.

3 dari 5 halaman

Profil Sadio Mane

Menarik untuk diketahui profil Sadio Mane, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Sadio Mane lahir di Sedhiou, Senegal pada 10 April 1992. Ia pemain sepak bola profesional yang juga bermain untuk tim nasional Senegal. Sebelum bergabung ke Bayern Munich, ia juga menjadi pemain sayap untuk klub Liga Utama Inggris Liverpool.

Mengutip dari Bola.net, Mane lahir di Bambali, Sedhiou, Senegal. Mane mengejar karier di sepak bola meski ayahnya seorang imam melarang dia dari bermain olah raga sebagai seorang anak. Akan tetapi, ayahnya meninggal saat berusia tujuh tahun. Ia kemudian melarikan diri dari desa asalnya dan pergi ke Dakkar pada usia 15 tahun. Ia mengejar ambisi sebagai pesepakbola, sejak itu, dia didukung oleh keluarganya untuk memenuhi potensinya.

Usahanya pun tak sia-sia, Sadio Mane pernah menempati posisi keempat untuk Ballon d’Or pada 2019. Dalam penghargaan untuk pemain pria FIFA terbaik, ia berada di peringkat kelima pada 2019 dan keempat pada 2020.

Pria kelahiran Senegal ini memulai karier di Metz (2011-2012). Mane bergabung dengan Metz yang memiliki kemitraan dengan Generation Foot. Ia debut profesional pada 14 Januari 2012, masuk sebagai pengganti Kevin Diaz pada menit ke-75 dan kekalahan kendang 0-1 melawan Bastia di Ligue 2.

Selanjutnya ia pindah ke klub Red Bull Salzburg (2012-2014). Mane pindah ke klub Bundesliga Austria Red Bull Salzburg dengan biaya transfer terbesar ketiga yang pernah diterima FC Metz pada 31 Agustus 2012. Biaya transfer itu sekitar 4 juta euro. Mane pun mencetak hat trick pertama untuk klub pada 31 Oktober, saat menang tandang 3-1 di SC Kalsdorf di putaran ketiga Piala Austria.

Ia pun pindah ke Southampton pada 1 September 2014 senilai 11,8 juta poundsterling. Mane menandatangani kontrak empat tahun. Mane kemudian debut 22 hari kemudian dalam kemenangan 2-1 pada Piala Liga atas Arsenal, memenangkan penalty untuk gol pertama Southampton. Ia pun berada di Southampton pada 2014-2016.

 

4 dari 5 halaman

Pindah ke Liverpool

Setelah berkarier di Southampton, ia pindah ke Liverpool pada 2016, tepatnya 28 Juni dengan biaya transfer sebesar 34 juta pound sterling dengan kontrak lima tahun.

Dengan biaya transfer tersebut membuat Mane menjadi pemain Afrika termahal dalam sejarah saat itu. Pada 14 Agustus, ia debut di Liga Premier untuk The Reds, mencetak gol keempat dalam kemenangan tandang 4-3 melawan Arsenal.

Mane pun menandatangani kontrak jangka panjang pada musim 2018-2019 dengan Liverpool. Pada 21 Oktober 2019, Mane masuk dalam daftar 30 pemain untuk Ballon d’Or 2019. Ia bermain di Liverpool selama enam musim hingga 2022.

Mengutip bola.com, pada musim 2022-2023, ia pun ke Bayern Munich dengan biaya transfer 34 juta pound sterling. Mane menjuarai Bundesliga pada musim pertama di Bayern Munchen. Akan tetapi, Mane hanya mencetak tujuh gol.

5 dari 5 halaman

Karier Internasional

Mane membintangi Senegal saat memenangkan kompetisi Piala Afrika untuk pertama kali pada Piala Afrika 2021. Pada partai final melawan Mesir. Pertandingan saat itu Mane melawan rekan setim di Liverpool Mohamed Salah.

Mane melihat penaltinya diselamatkan pada menit ke-7. Namun, ia kemudian cetak gol kemenangan dalam adu penalty. Selain cetak tendangan penentu untuk memenangkan trofi, Mane mencetak tiga gol dan dua assist sebelum final, dan dinobatkan sebagai Player of the Tournament.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.