Sukses

Usai Kehilangan Henderson, Liverpool Juga Pastikan Fabinho Berangkat ke Arab Saudi Gabung Al-Ittihad

Fabinho gabung klub Arab Saudi Al-Ittihad hanya beberapa hari setelah mantan kapten Liverpool Jordan Henderson menyegel transfer yang menguntungkan ke Al Ettifaq

Liputan6.com, Jakarta Liverpool telah mengkonfirmasi bahwa gelandang asal Brasil Fabinho telah meninggalkan klub untuk bergabung dengan Al-Ittihad. Fabinho sudah lima tahun berada di Anfield sebelum memutuskan pindah.

Pemain berusia 29 tahun itu telah menandatangani kontrak selama tiga tahun untuk juara Arab Saudi itu dengan biaya sekitar 40 juta pounds. Fabinho mengikuti jejak Karim Benzema, N'Golo Kante dan Jota gabung dengan tim asuhan Nuno Espirito Santo.

Awalnya, kesepakatan Fabinho dengan Al-Ittihad terancam gagal karena ketidaksepakatan mengenai struktur pembayaran. Namun, kedua klub dengan cepat menemukan solusi, dan Fabinho sudah menyelesaikan tes medis akhir pekan lalu sebelum resmi diumumkan pada Senin malam.

Mantan pemain Monaco itu meninggalkan Liverpool setelah mengumpulkan 11 gol dan 10 assist dari 219 pertandingan untuk klub. Sebelumnya, skuad Jurgen Klopp membayar 38,5 juta pounds untuk membawanya ke Anfield dari klub Ligue 1 pada 2018.

Fabinho memenangkan Liga Champions dan Piala Super UEFA selama musim debutnya bersama Liverpool. Dia dengan cepat memantapkan dirinya sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik Liga Inggris di bawah Klopp.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gagal di Liga Champions, Performa Fabinho di Liverpool Mulai Menurun

Setahun kemudian, Fabinho memainkan peran penting dalam kesuksesan Liverpool di Piala Dunia Klub dan kemenangan perdananya di Liga Inggris. Dia juga mengoleksi gelar ganda Piala FA dan Piala EFL di musim 2021-22, mencetak delapan gol di sepanjang jalan di semua kompetisi.

Pemain internasional Brasil itu membuat dua gol lagi dalam 49 penampilan musim lalu. Namun, ia mengalami penurunan performa yang nyata karena tim asuhan Klopp gagal lolos ke Liga Champions 2023-24.

3 dari 4 halaman

Susul Mantan Kapten Liverpool Jordan Henderson

Fabinho berangkat ke Arab Saudi hanya beberapa hari setelah mantan kapten Liverpool Jordan Henderson menyegel transfer yang menguntungkan ke Al Ettifaq besutan Steven Gerrard. Pemain Inggris itu dilaporkan mendapat gaji sekitar 700.000 pounds seminggu.

The Reds juga kehilangan Arthur, Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain dan James Milner pada akhir Juni saat kontrak mereka habis. Sementara Leighton Clarkson telah menyelesaikan kepindahan permanen ke Aberdeen.

Klopp menanggapi kehilangan pilar lini tengah Liverpool dengan mendatangkan Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai, tetapi The Reds masih mencari pengganti Fabinho yang mirip.

4 dari 4 halaman

Liverpool Harus Segera Mencari Gelandang Baru

Stefan Bajcetic adalah cahaya yang bersinar untuk Liverpool dalam peran nomor enam musim lalu. Tapi, tahun terobosannya dipotong oleh masalah adductor yang serius, yang belum pulih sepenuhnya.

Akibatnya, Klopp telah mengkonfirmasi bahwa timnya berharap untuk membawa gelandang baru lagi ke klub musim panas ini, dan mereka diyakini telah menjadikan Romeo Lavia dari Southampton sebagai target utama mereka.

Liverpool memainkan pertandingan pramusim terakhir mereka melawan Bayern Munich pada hari Rabu, yang akan menandai pertandingan pertama The Reds sejak penunjukan Virgil van Dijk sebagai kapten permanen baru klub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.