Sukses

Akhiri Penantian 25 Tahun, Prawira Bandung Juara IBL 2023

Prawira menang 2-0 atas Pelita Jaya pada laga final IBL 2023 yang berlangsung memakai format best of three.

Liputan6.com, Jakarta- Berakhir sudah penantian Bandung selama 25 tahun untuk menjadi juara kompetisi bola basket nasional. Prawira Bandung sukses menjuarai IBL 2023 setelah menang 63-58 atas Pelita Jaya pada dua game final yang berlangsung di GOR C-Tra Arena, Sabtu (22/7/2023) malam WIB.

Kemenangan di game kedua ini memastikan Prawira menjadi juara IBL 2023 dengan keunggulan 2-0. Prawira berhasil menang juga di game pertama saat dijamu Pelita Jaya di Hall Basket Senayan Jakarta dua hari lalu.

Sukses Prawira menang di game kedua ini sungguh luar biasa. Mereka harus bermain dengan satu pemain asing saja. Brandone Francis yang jadi mesin pencetak angka diskorsing akibat dikeluarkan pada game pertama di Jakarta.

Pelita Jaya memulai laga dengan sangat baik. Defence ketat PJ membuat mereka mampu unggul jauh 9-0 berkat fast break cepat. Prawira perlahan coba mengejar ketertinggalan dimotori Yudha Saputera.

Prawira sempat memangkas jarak menjadi tiga poin ketika Yudha melepas tembakan dua angka saja. Namun PJ bisa menutul kuarter pertama dengan 17-13 setelah Agassi Goantara mencetak dua poin penting.

Di kuarter dua Prawira semakin membaik performanya. Bahkan saat turun dengan full pemain lokal Prawira bisa mengejar ketertinggalan. Prawira berbalik unggul dua poin berkat tembakan tiga angka Hans Abraham.

Pelita Jaya membalas tunai lewat 3pts Andakara Prastawa. Namun dominasi big man Jarred Shaw dan drive ciamik Yudha membuat Prawira kembali unggul dan bisa menjauh lima angka. Kuarter kedua berakhir dengan 34-31.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yudha dan Shaw Mimpir Buruk Pelita Jaya

Prawira menggila di awal kuarter tiga. Duet Yudha dan Shaw meruntuhkan pertahanan Pelita Jaya. Keduanya bergantian mencetak poin sehingga Prawira menjauh unggul 10 angka.

Pelita Jaya mati-matian mengejar ketertinggalan. Dua tembakan tiga angka dari Prastawa dan DeShaun Wiggins membuat PJ cuma tertinggal tiga angka. Momentum ini mampu diredam Prawira lewat tembakan 3 angka Hans Abraham. Prawira menutup kuarter tiga dengan keunggulan 7 poin.

Di kuarter keempat, Pelita Jaya mati-matian mengejar. Sayangnya akurasi tembakan mereka sangat buruk. Skor sempat menipis mejadi empat poin di pertengahan kuarter empat.

Dalam kondisi genting Yudha muncul sebagai penyelamat Prawira. Yudha melesakkan dua kali tembakan tiga angka penting di penghujung kuarter empat guna memastikan kemenangan Prawira.

Yudha mengoleksi 20 poin, lima rebound dan lima assists di laga ini. Pencetak poin terbanyak di Prawira dipegeng Shaw dengan 27 angka ditambah 10 rebound. Di kubu Pelita Jaya, Dominique Sutton finis dengan 12 poin dan 13 rebound.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini