Sukses

Pantas Saja Ilkay Gundogan Mudah Adaptasi di Barcelona, Ternyata Ini Alasannya

Ilkay Gundogan yakin bisa dengan mudah masuk ke permainan Barcelona. Soalnya gaya main Barca yang dijelaskan Xavi Hernandez ternyata mirip dengan apa yang dilakukannya di Manchester City.

Liputan6.com, Barcelona- Ilkay Gundogan sudah diperkenalkan Barcelona di Ciudad de Sportiva, Senin (17/7/2023). Perkenalkan tidak bisa dilakukan di Camp Nou karena sedang direnovasi total.

Gundogan mengaku impiannya menjadi kenyataan dengan bergabung Barcelona. Itulah mengapa pelatih Barca Xavi Hernandez hanya butuh satu kali telepon untuk membujuknya bergabung.

Alasan lain, dia yakin bisa mudah adaptasi di Barcelona. Apa penyebabnya? Dia mengungkapkan hal itu saat diperkenalkan Barca.

"Xavi jelaskan strategi permainannya dengan sangat jelas kepada saya, dimana yang dijelaskan itu sangat sama dengan apa yang sudah saya latih di Manchester City beberapa tahun terakhir," kata gelandang Barca Jerman berdarah Turki itu seperti dikutip sport.

"Xavi sudah sangat jelas sejak momen pertama. Dia jujur dan blak-blakan dan saya melihat refleksi diri sendiri dalam dirinya. Tak banyak yang dikatakannya tapi cara dia mengucapkannya, sikap, gaya main dia juga sama dengan saya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gundogan Sambut Tantangan Baru di Barcelona

 

Gundogan sukses berat di Manchester City. Dia memungkasi karier di Etihad dengan meraih tiga trofi atau treble.

Meski begitu, dia tetap meneguhkan pilihan untuk lanjutkan karier di Barcelona.

"Sejak pertama kali saya bicara dengan Xavi, saya langsung tahun sudah tepat gabung dengan Barcelona," ujarnya.

"Ini tantangan besar bisa adaptasi dengan teman main yang baru, gaya bermain yang berbeda, budaya beda dan kota berbeda. Ini sebuah mimpi jadi kenyataan, saya nyaris dua kali gabung di sini, sekarang saya pemain Barca."

 

3 dari 5 halaman

Gundogan Masih Ingin Buktikan Diri Meski Beranjak Tua

 

Gundogan sudah menginjak usia 32 tahun. Dia mengaku masih ingin membuktikan diri dan masih jauh dari kata pensiun.

"Saya menyukai tantangan olahraga dan pribadi meski saya sudah berumur. Saya masih jauh dari pensiun, saya masih punya banyak hal untuk dibuktikan," katanya.

"Saya pikir gabungan antara pemain muda dan veteran di Barcelona, dengan kualitas yang dimiliki itu ideal. Saya bicara dengan Robert Lewandowski saat Jerman main lawan Polandia, matanya berbinar saat bicara soal klub dan kotanya."

4 dari 5 halaman

Frenkie de Jong Hijrah ke Manchester City?

Bintang Barcelona Frenkie de Jong kembali dikaitkan dengan kepindahan dari Spanyol di bursa transfer musim panas 2023. Pemain asal Belanda itu berpotensi hijrah ke klub Liga Inggris. Namun bukan Manchester United, melainkan rival sekotanya Manchester City yang punya peluang mengamankan jasa De Jong musim depan.

Sebagaimana diketahui, Setan Merah memang cukup lama menaruh ketertarikan pada Frenkie de Jong. Sang raksasa Premier League sempat mencoba memboyong bintang Barcelona ke Old Trafford, tetapi ia lebih memilih untuk melanjutkan karier bersama klb Catalan.

Setahun berselang, nama De Jong kembali dikaitkan dengan tim Liga Inggris di bursa transfer. Akan tetapi bukan lagi Setan Merah, kini justru Manchester City yang gantian dihubung-hubungkan dengan pesepak bola berusia 26 tahun.

Menguaknya kabar keterkaitan Frenkie de Jong dengan klub peraih treble winners tak lepas dari sikap Barcelona. Tim besutan Xavi Hernandez itu konon berencana membajak pemain City Bernardo Silva di jendela transfer.

Sebagai gantinya, Pep Guardiola berpotensi diberi kesempatan untuk memakai jasa Frenkie de Jong musim depan. Langkah ini dimaksudkan demi memfasilitasi upaya Blaugrana mendatangkan Silva ke marasnya.

Dilansir dari Mirror, Bernardo Silva memang masuk dalam daftar incaran Barcelona sejak lama. Manajer Xavi Hernandez sendiri mengonfirmasi bahwa pihaknya sempat mengincar kesepakatan untuk Silva musim panas lalu.

Namun, rencana Barcelona merkrut pemain internasional Portugal belum berhasil terealisasi. Barcelona pun sekarang harus menghadapi persaingan sengit dengan klub besar Eropa lain, dengan Paris Saint-Germain (PSG) juga disebut berminat menyewa jasa Silva.

5 dari 5 halaman

Barcelona Bakal Sulit Luluhkan Manchester City

Barcelona kemungkinan harus bekerja keras jika ingin meluluhkan Manchester City di bursa transfer kali ini. Pasalnya melansir laporan Mirror, juru taktik The Citizens sudah berulang kali menolak membiarkan Bernardo Silva pergi ke klub lain.

Sikap Guardiola itu tak lepas dari pentingnya peran sang pemain dalam skuad racikannya di Etihad. Pesepak bola berusia 28 tahun telah memberi kontribusi signifikan dalam 55 penampilannya bersama City di semua kompetisi musim lalu, sekaligus mengantar klub meraih treble winners.

Besarnya ketertarikan klub-klub lain kemungkinan tak bakal membuat Manchester City melunak serta melepaskan sang pemain di bursa transfer musim panas kali ini. Padahal menurut laporan, Bernardo Silva sendiri sebenarnya cukup terbuka untuk pindah dari Etihad demi menjajal karier di tempat lain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.