Sukses

Sapu Bersih Bima Perkasa, Pelita Jaya Melaju ke Semifinal IBL 2023

Pelita Jaya menjadi tim pertama yang memastikan diri lolos ke babak semifinal IBL 2023.

Liputan6.com, Jakarta Pelita Jaya Bakrie Jakarta melaju mulus ke babak semifinal IBL 2023. PJ mendepak Bima Perkasa Jogjakarta setelah menang lagi dengan skor 81-73 pada game kedua babak play-off di Britama Arena pada Minggu (2/7/2023) malam WIB.

Dengan demikian Pelita Jaya unggul 2-0 atas BPJ. Karena IBL memakai format best of three maka game ketiga sudah tidak perlu dilangsungkan lagi. Pelita Jaya juga menang ketika dijamu BPJ di GOR Pancasila UGM.

Di babak semifinal Pelita Jaya akan menunggu pemenang antara Bali United melawan Satria Muda Jakarta yang baru akan memainkan game pertama pekan ini.

Ingin segera melaju ke semifinal, Pelita Jaya langsung mendominasi BPJ sejak awal. Pelita Jaya tak pernah tertinggal sejak pertandingan di mulai. Pelita Jaya bermain cepat, serta menampilkan tembakan-tembakan three point yang akurat. Sehingga mereka unggul 46-33 saat turun minum.

Bima Perkasa sempat mengejutkan Pelita Jaya di awal kuarter ketiga. Mereka sempat running 7-4, untuk memangkas jarak jadi delapan poin (42-50). Tetapi Bima Perkasa tidak bisa menghentikan laju Pelita Jaya di lima menit terakhir kuarter ketiga. Pelita Jaya terus mengumpulkan pundi-pundi poin melalui Yesaya Saudale dan Prastawa. Pelita Jaya menjauh 18 angka (67-49) saat kuarter ketiga usai.

Bima Perkasa harus memangkas jarak 18 poin di kuarter keempat. Situasi ini sangat berat bagi mereka. Namun Bima Perkasa mampu membuat kejutan lagi. Masuknya Cameron Coleman di tujuh menit terakhir, menjadikan Bima Perkasa bangkit. Puncaknya layup dari Nuke membawa Bima Perkasa mendekat 73-79. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prastawa Pahlawan Pelita Jaya

Kegagalan Sutton mengeksekusi dua free throw membuat pertandingan semakin menegangkan. Tetapi pendukung Pelita Jaya bersorak setelah Prastawa memasukkan poin ke-26 melalui layup. Poin Andakara Prastawa inilah yang menjadi penentu kemenangan Pelita Jaya dari Bima Perkasa dengan skor 81-73.

Prastawa jadi bintang lapangan pada game kedua ini dengan 26 poin. Dia total melesakkan tujuh three point dari 12 attempt. Prastawa bermain 29 menit dengan tambahan 10 rebound, tiga assist, dan satu steal.

"Kami bermain dengan ciri khas kami. Kami harus pertahankan ini di semifinal dan final. Saya hanya bilang ke teman-teman, Bima Perkasa tim bagus. Kami tidak boleh lengah," ujar Prastawa.

Selain Prastawa, Dominique Sutton juga menyelesaikan laga dengan double-double (14 poin dan 12 rebound). Sedangkan Muhammad Arighi menyumbang 10 poin. Sebaliknya dari kubu Bima Perkasa Cameron Coleman mencetak 21 poin dan 12 rebound. Disusul Ikram Fadhil (14 poin) dan Nuke Tri Saputra (12 poin).

3 dari 3 halaman

Dewa United vs RANS PIK Lanjut ke Game Ketiga

Sementara itu satu laga play-off IBL lain yang digelar Minggu belum menghasilkan tim ke semifinal. Dewa United memaksakan game ketiga setelah menang 76-67 atas RANS PIK Basketball di Sritex Arena Solo. Kini kedua tim imbang 1-1 dan akan dilangsungkan game ketiga pada Senin 3 Juli 2023.

Kaleb Ramot Gemilang menjadi bintang di game kedua melawan RANS dengan mencetak 23 poin, 7 rebound, dan 1 assist. Penampilan gemilang Kaleb sekaligus menjadi titik baliknya usai tampil buruk di game pertama Playoffs IBL 2023.

"Turning poin-nya yang pasti enggak mau pulang duluan gitu ya. Apalagi di kandang sendiri, didukung oleh seluruh Anak Dewa di sini," kata Kaleb usai pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini