Sukses

Hasil UEFA Nations League 2023: Tekuk Kroasia Lewat Adu Penalti, Spanyol Rebut Juara

Spanyol akhirnya berhasil merebut gelar juara UEFA Nations League 2023 usai menang adu penalti lawan Kroasia. Spanyol unggul 5-4 lewat adu penalti atas Kroasia.

Liputan6.com, Jakarta Spanyol akhirnya berhasil merebut juara UEFA Nations League 2023 usai kalahkan Kroasia 5-4 lewat adu penalti pada laga final yang berlangsung di stadion Fejienoord, Rotterdam Belanda, Senin (19/6/2023) dini hari WIB. Adu penalti dilakukan setelah Spanyol dan Kroasia tak bisa mencetak gol di waktu normal bahkan perpanjangan waktu.

Dengan mengandalkan Unai Simon di posisi kiper, Spanyol hanya gagal satu eksekusi penalti pada final UEFA Nations League 2023 ini. Ini terjadi saat tendangan Aymeric Laporte miss.

Namun tembakan lainnya dari Joselu, Rodri, Mikel Merino, Marcoo Asensio dan Dani Carvajal berhasil masuk. Sementara itu, ada dua penendang di Kroasia yang gagal yaitu Majer dan Bruno Petkovic.

Ketegangan sempat mencuat saat Aymeric Laporta yang melakukan tendangan kelima gagal eksekusi penalti. Untunglah Bruno Petkovic gagal juga, sedangkan Dani Carvajal berhasil eksekusi penalti terakhir dengan baik seklaigus tentukan gelar juara UEFA Nations League.

Ini menjadi juara pertama bagi Spanyol di UEFA Nations League. Musim lalu, mereka juga lolos ke final namun kalah adu 1-2 dari Prancis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalannya Pertandingan Final UEFA Nations League 2023

 

Spanyol seperti biasanya menguasai penguasaan bola di pertandingan ini. Spanyol menguasai bola 54 persen dibandingkan Kroasia 46 persen.

Namun efektivitas serangan diraih Kroasia. Dari 5 kali tembakan, semuanya mengarah ke gawang. Sedangkan Spanyol dari 8 kali tembakan, hanya 2 yang mengarah ke gawang.

Spanyol sudah punya dua peluang di menit ke-10 dan 12. Namun Alvaro Morata dan Gavi tak mampu eksekusi peluang dengan baik.

Kroasia punya peluang saat Perisic melepas sundulan di menit ke-31 hasil umpan tendangan bebas Modric. Namun sundulannya bisa ditepis Simon sehingga babak pertama skor tetap 0-0.

Babak dua juga terjadi jual beli serangan. Kroasia dan Spanyol sama-sama punya peluang emas tapi gagal mengubah skor 0-0 hingga pertandingan berakhir.

Di babak pertama perpanjangan waktu, kedua tim tampak sudah kelelahan. Spanyol hanya punya peluang lewat Dani Olmo namun itupun jauh dari sasaran. Menit ke-119. temdamgam keras Brozovic hanya mengenai kaki Rodri untuk tendangan sudut sekaligus menandai akhir perpanjangan wkatu.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

 

KROASIA (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Martin Erlic, Josip Sutalo, Ivan Perisic; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Mario Pasalic, Andrej Kramaric, Luka Ivanusec.

SPANYOL (4-2-3-1): Unai Simon; Jesus Navas, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Fabian Ruiz, Rodri; Marco Asensio, Gavi, Yeremy Pino; Alvaro Morata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.