Sukses

Uruguay Juara Piala Dunia U-20 2023 Usai Kalahkan Italia, Israel Finis Ketiga

Uruguay mengalahkan Italia di final Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Argentina.

Liputan6.com, Jakarta- Uruguay keluar sebagai juara Piala Dunia U-20 2023. Pada partai final, Uruguay menang tipis 1-0 atas Italia berkat gol di menit khir dari Luciano Rodriguez di Stadion Ciudad de La Plata pada Senin (12/6/2023) dini hari WIB.

Pada laga final ini, Italia sedikit lebih difavoritkan meski baru kali ini menembus partai puncak Piala Dunia U-20. Perjalanan Italia sangat baik di Argentina. Mereka mampu mengalahkan Inggris, Brasil, Kolombia dan Korea Selatan.

Italia juga punya pemain yang paling menonjol selama Piala Dunia U-20 2023 berlangsung yakni gelandang Cesare Casadei. Pemain milik klub Inggris Chelsea itu mencetak tujuh gol dari enam laga meski bukan striker. Sedangkan Uruguay harus bermain tanpa Mateo Ponte karena cedera.

Uruguay mampu menekan Italia di awal pertandingan. Peluang emas didapat di awal laga melalui aksi Fabricio Diaz. Sayangnya tembakan Diaz masih membentur tiang gawang bagian luar.

Italia sempat mengancam melalui pemain 17 tahun Simone Pafundi tapi masih belum bisa merobek jala Uruguay. Peluang lain Uruguay lewat sundulan Anderson Duarte juga masih bisa ditepis kiper Sebastiano Desplanches.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gol Kemenangan Uruguay di Menit Akhir

Di awal babak kedua Italia memiliki peluang lagi melalui sundulan Alan Matturro yang masih meleset dari sasaran.

Diaz kembali menebar ancaman ke gawang Italia. Kali ini tembakan keras Diaz masih bisa diamankan oleh Desplanches.

Terjadi drama di menit 81. Matteo Prati diganjar kartu merah langsung karena tekel keras. Namun setelah mengecek VAR, wasit merevisi keputusannya menjadi cuma kartu kuning untuk Prati.

Meski gagal mendapat keuntungan, Uruguay justru bisa mencetak gol empat menit kemudian. Luciano Rodriguez mencetak gol lewat sundulan memanfaatkan kemelut yang terjadi di kotak penalti Italia.

Di sisa pertandingan, Italia gagal memaksakan perpanjangan waktu. Malahan gawang Italia nyaris jebol lagi oleh Franco Gonzalez jika tidak diselamatkan oleh Desplanches.

 

3 dari 4 halaman

Kiprah Luar Biasa Israel

Sementara itu Israel sukses menjadi juara ketiga Piala Dunia U-20 2023 setelah menang 3-1 atas Korea Selatan. Ketiga gol Israel dicetak Ran Binyamin, Omer Senior dan Anan Khailaili. Sedangkan Korea Selatan mencetak gol melalui Lee Seung-Won.

Sukses Israel ini sungguh luar biasa. Mereka merupakan tim debutan di Piala Dunia U-20 2023. Keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 jadi sorotan karena membuat Indonesia batal jadi tuan rumah. Muncul protes menolak Israel sehingga FIFA menunjuk Argentina sebagai pengganti Indonesia.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Uruguay vs Italia

Uruguay U-20: R Rodriguez; Chagas, Boselli, Facundo Gonzalez, Matturro; Diaz, Garcia; L Rodriguez (Homenchenko 96), Franco Gonzalez, De Los Santos (Sosa 91); Duarte (Ferrari 62)

Italia U-20: Desplanches; Prati, Ghilardi, Guarino, Turicchia; Casadei, Faticanti (Zanotti 46), Giovane (Pisilli 91); Baldanzi (Lipani 91), Pafundi (Montevago 57); Ambrosino (Esposito 57)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini