Sukses

Juara French Open 2023, Novak Djokovic Pecahkan Rekor Dahsyat

Djokovic sukses menjadi juara sektor putra French Open 2023. Djokovic kini memecahkan rekor dunia.

Liputan6.com, Jakarta- Petenis Serbia Novak Djokovic berhasil menjadi juara Prancis Terbuka atau French Open 2023. Djokovic menang tiga game langsung atas Casper Ruud pada partai final Roland Garros pada Senin (12/6/2023) dini hari WIB.

Keberhasilan Djokovic ini membuat dirinya menorehkan dua rekor dahsyat. Djokovic kini menjadi petenis putra dengan gelar Grand Slam terbanyak di dunia. Total Djokovic sudah 23 kali menjadi juara level Grand Slam.

Djokovic pun menjadi petenis tersukses dalam sejarah tenis putra dunia. Dia melewati pencapaian Rafael Nadal yang memiliki 22 gelar Grand Slam. Nadal sendiri absen di French Open 2023 karena mengalami cedera. Selama ini Nadal dikenal sebagai langganan juara di French Open.

Bagi Djokovic, ini merupakan kali ketiga diriya menjuarai French Open setelah sebelumnya pada tahun 2016 dan 2021. Dengan demikian Djokovic menjadi petenis putra pertama yang bisa memenangi keempat Grand Slam setidaknya masing-masing tiga kali.

Djokovic kini sedang mengejar rekor petenis dengan jumlah gelar Grand Slam terbanyak sepanjang masa milik petenis putri Margaret Court yang memiliki 24 gelar juara. Djokovic bisa menyamainya jika juara di Wimbledon pekan depan.

Andai juara di Wembledon, Djokovic juga akan masuk buku sejarah lainnya. Dia akan menyamai pencapaian Roger Federer sebagai petenis paling sering menang di Wembledon sebanyak delapan kali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Djokovic Juara French Open 2023

Djokovic memang difavoritkan menang di French Open 2023 setelah Nadal dipastikan absen. Apalagi setelah Djokovic mampu mengatasi perlawanan peringkat satu dunia Carlos Alcaraz di babak semifinal.

Di final French Open 2023, Djokovic sempat terlambat panas. Dia tertinggal 0-3 dari Ruud. Namun secara luar biasa Djokovic bisa memenangi set pertama dengan tie break 7-6.

3 dari 3 halaman

Djokovic Bakal Jadi Petenis Nomor Satu Dunia Lagi

Di set kedua, Djokovic begitu dominan. Djokovic langsung tancap gas unggul 3-0 sebelum menutup perlawanan Ruud dengan 6-3. Pada set ketiga, Ruud kembali memberikan perlawanan sengit dimana sempat imbang 5-5. Namun pengalamana Djokovic membuatnya bisa menyudahi Ruud dengan 7-5.

Kesuksesan di French Open membuat Djokovic hampir pasti akan kembali menjadi petenis putra nomor satu dunia menggeser Alcaraz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini