Sukses

Tenis Indonesia Bergairah Lagi, Yayuk Basuki Pede Muncul Atlet Kelas Dunia 10 Tahun Mendatang

Yayuk Basuki menyambut baik meningkatkan antusiasme bermain tenis di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga tenis sedang naik daun di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Tenis termasuk berkembang pesat saat pandemi Covid-19 merebak pada awal 2020. Pasalnya tenis dianggap sebagai salah satu olahraga yang aman mengingat tak perlu kontak fisik.

Popularitas tenis di Indonesia semakin meroket manakala sejumlah selebriti tanah air itu memainkannya. Wulan Guritno, Enzy Storia, Raffi Ahmad, Gading Marten, Dion Wiyoko, Desta, Dian Sastrowardoyo, Pevita Pearce, Anya Geraldine hingga Yura Yunita mulai menekuni olahraga tenis.

Masyarakat makin mengenal tenis berkat prestasi apik petenis putri Aldila Sutjiadi. Baru-baru ini Aldila menorehkan tinta emas menjadi petenis Indonesia kedua yang lolos ke semifinal level Grand Slam setelah Yayuk Basuki. Aldila lolos sampai semifinal ganda campuran France Open 2023.

Aldila juga mendapat dukungan warganet ketika dicurangi di ganda campuran France Open 2023.

Melihat perkembangan tenis di Indonesia yang mulai membaik, Yayuk Basuki sangat senang. Wanita 52 tahun itu yakin tenis Indonesia segera bangkit dan akan ada pemain kelas dunia dari tanah air.

"Tenis Indonesia saat ini sebetulnya sudah mulai mengarah back on track walaunya jangan lihat hasilnya saat ini. Hasilnya lihat 5 sampai 10 tahun ke depan. Satu dua tahun ini tenis mulai dicintai tak cuma orang yang ingin menjadi pemain tenis tapi semua kalangan. Tenis mulai digandrungi saat covid-10. tenis dianggap aman karena bisa dilakukan dengan jaga jarak," ujar Yayuk Basuki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harapan Yayuk Basuki

"Dengan munculnya public figure yang mulai menggelorakan tenis membuat tenis menjadi semakin populer. Harapan saya nantinya jangan lihat satu dua tahun tapi 10 tahun saya yakin akan muncul petenis kita yang akan berbicara di dunia," lanjut Yayuk Basuki di Event Exclusive Preview Auntum Winter Asics 2023 pada Jumat (9/6/2023).

Yayuk senang banyak pihak mulai semakin memperhatikan tenis. Salah satunya langkah Asics yang rutin memberikan pelatihan kepada petenis muda serta mengedukasi penggiat tenis tentang pentingnya bermain dengan teknik yang benar.

3 dari 4 halaman

Pelatihan Para Petenis Junior Indonesia

Calon atlet tenis Indonesia ini terus mendapat kesempatan untuk dapat mengasah kemampuan bermain tenis mereka didampingi oleh pelatih-pelatih terampil seperti Andrian Raturandang yang merupakan mantan pemain tenis nasional yang sekarang menjadi official coach dari Asics Indonesia.

"Program pembinaan dan pelatihan ini mulai resmi djalankan oleh Asics dimulai dari awal tahun, melihat dari banyaknya talenta bakat jiwa muda yang terpendam, Asics hadir sebagai harapan dan jawaban untuk mempertajam skill mereka yang nantinya kita akan berikan program secara rutin kepada setiap atlet dan mengikutsertakan mereka pada turnamen-turnamen tenis skala kecil hingga besar untuk membuktikan kecintaan mereka di cabang olahraga ini," kata Andrian Raturandang.

4 dari 4 halaman

Teknologi Sepatu Tenis

Untuk menyambut meroketnya popularitas tenis di Indonesia Asics bekerjasama dengan fashion brand BOSS untuk salah satu colourway dari sepatu GEL-Resolution 9 yang didesain khusus untuk petenis handal Matteo Berrettini.

"Asics ini di Indonesia kalau dulu lebih banyak di sepatu lari tapi beberapa tahun terakhir sangat aktif di tenis. Ini juga karena ada gayung bersambut. Saat tenis sedang populer di Indonesia, Asics mulai masuk. Mereka mampu memanfaatkannya dengan baik. Sekarang di Indonesia mudah menemukan sepatu tenis yang sangat lengkap koleksinya," imbuh Yayuk Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini