Sukses

Alexis Mac Allister Selangkah Lagi Jadi Pemain Liverpool, Berapa Biaya Transfernya?

Gelandang Brighton & Hove Albion, Alexis Mac Allister siap menjadi rekrutan pertama Liverpool di bursa transfer musim panas ini usai menyepakati kontrak pribadi bersama The Reds.

Liputan6.com, Jakarta - Gelandang Brighton & Hove Albion, Alexis Mac Allister akan bergabung dengan Liverpool usai menyetujui kontrak yang akan berjalan hingga Juni 2028. Selanjutnya pemain asal Argentina tersebut akan menjalani pemeriksaan medis jika proses transfernya ke Anfield sudah rampung.

Liverpool sendiri harus membayar klausul pembelian dalam kontrak pemain berusia 24 tahun tersebut dan kemudian akan beralih ke target lain untuk melanjutkan pembangunan ulang lini tengah mereka.

Berdasarkan laporan dari The Guardian, Mac Allister akan menjalani pemeriksaan medis dalam 48 jam ke depan. Klausul pembelian dalam kontraknya, yang ditandatangani beberapa minggu sebelum ia pergi ke ajang Piala Dunia, disebut bernilai kurang dari 60 juta poundsterling.

Kontrak terbaru itu berdurasi selama dua musim, dengan opsi tambahan satu tahun untuk klub.

Pemain lain dalam daftar belanja Jurgen Klopp termasuk gelandang Borussia Monchengladbach, Manu Kone dan gelandang OGC Nice, Khephren Thuram. Keduanya telah mewakili Timnas Prancis di level junior, bahkan Thuram telah mendapatkan panggilan ke timnas senior pertamanya tahun ini.

Adapun Mac Allister yang melakukan debutnya di Brighton pada Maret 2020, siap menjadi rekrutan pertama Liverpool pada bursa transfer musim panas. Sedangkan gelandang veteran The Reds, James Milner akan segera diumumkan sebagai pemain The Seagulls.

Kontrak pemain berusia 37 pemain di Anfield itu akan habis akhir bulan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Biaya Transfer dan Durasi Kontrak

Hingga saat ini, belum ada laporan pasti mengenai biaya transfer yang dikeluarkan untuk mengamankan jasa Alexis Mac Allister karena mereka belum mengaktifkan klausul pembelian sang pemain. Namun, melansir dari pakar transfer Fabrizio Romano, klausul pembelian Mac Allister bisa bernilai 60 hingga 65 juta poundsterling.

Meski begitu, Romano menyebut jika biaya yang akan dikeluarkan oleh The Reds ketika mereka mengaktifkan klausul tersebut akan jauh berada di bawah nilai yang dilaporkan itu. Kemungkinan biaya yang bakal digelontorkan adalah sebesar 45 – 50 juta poundsterling saja.

Tentunya ini akan jadi keuntungan besar bagi Liverpool karena berdasarkan laporan dari Sky Sports pada awal bulan Mei lalu, Brighton meminta minimal 70 juta poundsterling untuk tanda tangan Mac Allister.

Sementara itu, Mac Allister telah menyetujui persyaratan pribadi pada kontrak lima tahun bersama Liverpool yang akan mengikatnya di Anfield hingga Juni 2028.

3 dari 3 halaman

Mac Allister Tenang Hadapi Semua Kemungkinan

Alexis Mac Allister mengatakan ia ‘sangat tenang’ dengan prospek bergabung ke Liverpool karena transfernya dari Brighton semakin dekat. Mac Allister telah muncul sebagai target utama Jurgen Klopp untuk membangun kembali lini tengahnya musim panas ini usai The Reds gagal lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun.

“Saya sangat tenang karena saya juga memiliki kemungkinan berada di klub seperti Brighton yang menemani saya setiap saat dan di mana saya sangat menikmatinya. Jika saya tidak harus meninggalkan klub, saya akan terus bahagia di sana, tapi saya sadar bahwa ada kemungkinan [untuk pindah] dan jika tawaran bagus datang untuk klub dan saya, kami akan mengevaluasinya,” ungkap pemain asal Argentina itu.

Sementara itu, Liverpool tetap belum mengeluarkan pernyataan apa-apa mengenai transfer Mac Allister ke Anfield. Namun, mereka disebut akan mengusahakan proses transfer akan selesai sebelum sang gelandang berangkat bersama Timnas Argentina untuk menjalankan pertandingan internasional melawan Australia dan Indonesia pertengahan bulan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.