Sukses

IBL 2023: Pelita Jaya Nyaris Kalah Lawan Bumi Borneo

Pelita Jaya cuma menang setengah bola saja saat menghadapi Bumi Borneo pada IBL 2023 di kota Bandung.

Liputan6.com, Jakarta- Pelita Jaya Jakarta nyaris tersandung saat melawan Bumi Borneo Pontianak di lanjutan IBL 2023 pada Seri Bandung. Pelita Jaya meraih kemenangan dramatis 85-84 di C-Tra Arena Bandung, Senin (5/6/2023) sore WIB.

Kemenangan ini membuat Pelita Jaya menang 16 laga berturut-turut di IBL 2023.

Pelita Jaya langsung bermain dengan tempo cepat. Transisi mereka lakukan dengan cepat, serta diimbangi dengan akurasi tembakan. Tercatat ada tiga three point di kuarter pertama yang membuat Pelita Jaya langsung melesat 11-4. Selanjutnya, Dashaun Wiggins ikut berpesta dengan menambahkan satu three point untuk membuat Pelita Jaya unggul 29-19 di akhir kuarter pertama.

Permainan Bumi Borneo cukup stabil. Tetapi di sisi pertahan, mereka gagal menghalau serangan Pelita Jaya. Akibatnya, Pelita Jaya tetap bisa mendominasi permainan. Pelita Jaya unggul 51-38 di first half. Pelita Jaya unggul di paint area. Sementara Bumi Borneo terbantu dengan banyaknya pelanggaran yang dilakukan Pelita Jaya. Bumi Borneo menambahkan delapan free throw dari 13 kesempatan di kuarter kedua.

Serangan Bumi Borneo berpusat pada Randy Bell, yang kali ini dimunculkan dari bench. Tetapi Bell sendiri tidak bisa mencetak poin dengan nyaman. Perannya kali ini sebagai fasilitator bagi rekan-rekannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelita Jaya Merosot di Kuarter 4

Performa Pelita Jaya menurun drastis di kuarter keempat. Kedua tim berjarak 14 angka (73-59) saat kuarter keempat dimulai. Tampaknya, memang fisik para pemain Pelita Jaya sudah terkuras. Ini sangat berpengaruh pada akurasi tembakan, di mana mereka hanya mencetak empat tembakan dari 17 attempt di kuarter keempat. Pelita Jaya hanya memasukkan 12 poin saja.

Bumi Borneo yang merasa mendapatkan momentum, terus menggempur pertahanan Pelita Jaya. Puncaknya, three point Randy Bell di sisa 59 detik, membuat Bumi Borneo hanya terpaut satu angka (81-82) dari Pelita Jaya. Namun Yesaya Saudale berhasil membangkitkan semangat rekan-rekannya. Dia memasukkan dua free throw untuk membuat Pelita Jaya unggul 84-81. Kemudian Dominique Sutton menutup poin Pelita Jaya di laga ini.

3 dari 3 halaman

Kontribusi Reggie Mononimbar

Dashaun Wiggins dan Reggie Mononimbar masing-masing mencetak 15 poin untuk Pelita Jaya. Yesaya Saudale menyusul dengan catatan 14 poin. Lalu M. Arighi menambahkan 12 poin. Dominique Sutton menyumbang 11 rebound, enam poin, dan empat assist. Pelita Jaya mencetak 44 points in the paint, 20 second chance points, dan 17 fast break points. Mereka berhasil mengamankan kemenangan ke-16 berturut-turut.

Kerugian bagi Bumi Borneo, karena gagal memanfaatkan situasi ini. Padahal kalau mereka bisa mencuri satu kemenangan dari tim papan atas, setidaknya bisa mengamankan posisi mereka di zona playoffs. Bumi Borneo sekarang punya rekor 12-11.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini