Sukses

WSBK: Yamaha Larang Toprak Razgatlioglu Jalani Tes Motor dengan BMW Sebelum 2024

Yamaha tak memberi kesempatan bagi Toprak Razgalioglu untuk mencoba motor M 1000 RR yang jadi tunggangannya musim depan.

Liputan6.com, Jakarta Toprak Razgatlioglu baru saja membuat keputusan mengejutkan dengan meninggalkan Yamaha dan gabung BMW untuk WSBK 2024. Meski begitu, pembalap asal Turki itu tak bisa jajal motor M 1000 RR sampai 2024.

Ini terjadi karena Yamaha melarangnya untuk menjajal motor lebih awal. Padahal Toprak Razgatlioglu harus mencoba tunggangan barunya untuk persiapan World Superbike 2024.

Seperti diketahui, juara WSBK 2021 itu meneken kontrak 2 tahun dengan pabrikan asal Jerman BMW. Ini menjadi pembicaraan hangat di WSBK Misano dimana dia menjadi yang tercepat di FP1.

"Yamaha tak memberi kami izin untuk memulai tes lebih awal di WSBK. Normalnya setiap tim akan mengizinkan pembalap ikut tes setelah musim berakhir, tapi Yamaha tak memberikan izin itu hingga musim selesaipun," kata manajer Toprak, Kenan Sofuoglu seperti dikutip crash.

"Toprak sudah ngebet untuk jajal motor BMW. Saya pikir tim itu akan memberikan program tes yang bagus untuk Toprak," dia menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manajer Toprak Razgatlioglu Yakin Kliennya Cepat Adapatsi

 

Meski dihalang-halangi Yamaha, Kenan meyakini kliennya tak akan butuh waktu lama untuk adaptasi di BMW. Dia yakin Toprak akan segera raih podium.

"Saya pikir Toprak tak akan butuh waktu lama untuk memahami motor dan mulai mendapatkan hasil," katanya.

"Mungkin seperti hari ini tahun depan, saya kira, kami akan meraih podium pertama. Soal menang, kami harus melihat dulu. Tapi saya bisa bilang Toprak akan memulai karier di BMW dengan podium. Mungkin bisa menang, tapi harus lihat dulu."

 

3 dari 4 halaman

Ambisi Toprak di WSBK 2023

 

Toprak Razgatlioglu jelas menjadi pilihan yang bagus untuk BMW. Meski begitu, sebelum pindah, Toprak masih ingin mengakhiri dominasi Alvaro Bautista di WSBK 2023.

Sofuoglu pun meyakini Toprak bisa mengalahkan Alvaro Bautista, bahkan di tiga pertandingan berikutnya.

"Kami ingin juara lagi tahun ini, tapi juga harus realistis. Bautista terlalu kuat. Secara personal, saya tak pernah melihat Ducati bisa begitu bagus karena Bautista menang terus," katanya.

"Saya yakin ada beberapa balapan dimana Toprak sangat kuat dan kalahkan Bautista musim ini. Itu bisa terjadi di Misano. Ini mungkin mirip balapan di Donington atau Imola."

 

4 dari 4 halaman

Toprak Razgatlioglu Sulit Lupakan MotoGP

 

Jelang balapan di Misano, Toprak sempat mengungkapkan ambisinya kembali. Dia mengatakan ingin tantangan baru kalau bertahan di WSBK, dia juga tak menutup kemungkinan balik ke Yamaha.

"Ini tidak mudah. Saya memikirkan paddock MotoGP dan tak banyak kursi tersisa tahun depan. Masalah setelah empat tahun itu sulit untuk meninggalkan Yamaha. Mungkin di masa mendatang, kita bersama lagi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.