Sukses

Ingin Lolos Audisi Umum PB Djarum 2023, Ini Tips dan Triknya

Tim pencari bakat akan menilai para peserta Audisi Umum PB Djarum dari potensi dan kelebihan yang dimiliki. Selain itu, emangat pantang menyerah dan daya juang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Audisi Umum PB Djarum 2023 diharapkan dapat memunculkan atlet-atlet bulu tangkis muda berbakat dan mumpuni yang lebih banyak dari tahun sebelumnya. Karena itu, berbagai elemen penilaian yang ketat akan diterapkan demi menemukan bibit berkualitas sesuai kriteria PB Djarum.

Tim Pencari Bakat diisi jajaran pelatih PB Djarum yang dikomandoi Fung Permadi sebagai koordinator atlet putra dan Yuni Kartika pada sektor putri. Selain itu, sederet legenda bulu tangkis Indonesia juga turut serta memantau bakat para peserta Audisi Umum PB Djarum sejak hari pertama.

"Audisi Umum tahun ini akan mencari bibit pebulu tangkis berkarakter yang memiliki bakat dan teknik mumpuni didukung dengan semangat juang serta mental yang kokoh," kata Sigit Budiarto selaku Ketua Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum di Jakarta, Senin (28/5/2023).

"Selain itu, menjaring bibit-bibit yang bertalenta super, baik dari segi teknis maupun non teknis," lanjut juara dunia bulu tangkis sektor ganda putra 1997 tersebut.

Dengan waktu penyelenggaraan Audisi Umum PB Djarum yang masih sekitar satu bulan lagi, Sigit berharap para peserta dapat mempersiapkan diri dengan berlatih semaksimal mungkin. Ia membeberkan beberapa poin yang bisa dioptimalkan ketika para peserta berlaga di hadapan tim pencari bakat.

"Tim Pencari Bakat PB Djarum akan menilai para atlet dari potensi dan kelebihan yang dimiliki. Jadi, sebelum Audisi Umum digelar, masih ada waktu bagi para peserta memoles kemampuan mereka dengan berlatih seefektif mungkin. Bisa juga dengan cara bertanding dengan lawan yang sebanding atau bahkan lebih kuat, sehingga bakat si atlet juga semakin menonjol," ujar Sigit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal Lainnya

Hal kedua yang tidak kalah penting adalah semangat pantang menyerah dan daya juang tinggi. Perihal daya juang ini, Sigit Budiarto juga memberi catatan tersendiri.

Tidak hanya di dalam arena tanding, kegigihan juga dapat ditunjukkan di luar lapangan. Salah satunya adalah tidak mudah putus asa ketika gagal mengikuti Audisi Umum.

"Kalau melihat data, memang banyak peserta yang mencoba beberapa kali Audisi Umum hingga akhirnya bergabung dengan PB Djarum. Hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi Tim Pencari Bakat karena mereka menunjukkan kegigihan dan semangat pantang menyerah dalam meraih sesuatu," papar Sigit.

Salah satu atlet yang gigih mengikuti Audisi Umum demi bergabung dengan PB Djarum ialah Leo Rolly Carnando. Pasangan Daniel Marthin yang kini menjadi ganda putra peringkat 9 dunia ini pernah gagal hingga enam kali saat mengikuti Audisi Umum.

"Saya sempat gagal di beberapa fase, salah satunya di tes fisik. Tapi, saya tidak menyerah dan mencoba terus. Ternyata pengalaman berkali-kali gagal dan terus mencoba itulah yang membantu membuat mental dan kemampuan saya berkembang," kata Leo.

Untuk itu, pebulu tangkis yang dijuluki The Babies ini berpesan kepada para peserta Audisi Umum PB Djarum 2023 agar memiliki keberanian dan juga semangat tinggi. Ditopang juga dengan penguasaan teknik demi mewujudkan mimpi menjadi atlet segudang prestasi.

"Keberanian dan mental serta teknik harus selalu dikembangkan, kalau masalah fisik itu bisa dilatih, tapi yang paling penting teknik. Selain itu attitude juga tidak kalah penting karena kita perlu doa dan dukungan orang lain. Jadi jika nanti lolos Audisi Umum manfaatkan sebaik mungkin, tapi kalau belum berhasil jangan mudah patah semangat," papar Leo. 

3 dari 3 halaman

Masa Pendaftaran

Audisi Umum PB Djarum 2023 segera diselenggarakan pada 2-6 Juli di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah. Pada tahun ini, audisi umum untuk meraih Djarum Beasiswa Bulu Tangkis dari Bakti Olahraga Djarum Foundation menyasar dua kelompok usia, yakni U-11 dan U-13 baik putra maupun putri.

Terhitung hingga 28 Mei 2023 pukul 16.00 WIB, pendaftar telah mencapai hampir 1.000 peserta, dengan jumlah terbanyak pada kelompok U-13 putra yaitu 361 peserta. Pendaftaran secara daring masih dibuka hingga 30 Juni 2023 pujul 24.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.