Sukses

Liga 1 2023/2024 Dibuka Laga Persija Jakarta vs PSM Makassar

Ferry Paulus memberi kepastian terkait pelaksanaan kompetisi Liga 1 musim depan. Menurutnya, ajang sepak bola kasta tertinggi Tanah Air bakal mulai digulirkan pada 1 Juli 2023, dengan dibuka oleh laga Persija Jakarta vs PSM Makassar.

Liputan6.com, Jakarta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 telah memberi kepastian terkait rencana pelaksanaan ajang musim depan.

Ferry Paulus yang sementara ini menjabat sebagai direktur utama PT LIB mengeklaim kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air bakal mulai digulirkan kembali pada 1 Juli 2023 mendatang.

Terkait mekanismenya, akan ada regulasi pemain asing 5+1 yang diberlakukan, dengan 1 di antaranya harus berasal dari kawasan Asia Tenggara alias ASEAN.

Hal ini berbeda dari peraturan musim lalu, di mana setiap tim hanya boleh memiliki komposisi 3+1, dengan rincian tiga pemain asing bebas dan satu personel Asia.

Lebih lanjut, Ferry juga menjelaskan bahwa setiap kesebelasan harus memiliki penggawa U-23. Pemain tersebut pun diwajibkan untuk turut memperkuat timnya di lapangan hijau.

“Pertama, kick-off (Liga 1 2023/2024) 1 Juli, seperti yang sudah sama-sama kita tahu,” tutur Ferry Paulus saat ditemui awak media pasca Kongres Biasa PSSI tahun 2023 di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta pada Minggu (28/5/2023).

“Kemudian regulasi pemain asing adalah 5+1, satunya adalah (personel) ASEAN. Harus ada under 23 satu orang, itu pun juga diwajibkan untuk bermain,” sambung pria berusia 59 tahun tersebut kepada awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Duel Pembuka Liga 1 2023/2024: Persija Jakarta vs PSM Makassar

Adapun terkait laga pembuka, pertemuan antara pemenang dan runner-up musim lalu, PSM Makassar serta Persija Jakarta, bakal menandai digulirkannya kembali Liga 1 2023/2024.

Kendati demikian, Juku Eja yang menyandang status sebagai juara bertahan tidak akan bermain di kandang sendiri dalam pertandingan perdana.

Ferry mengeklaim Macan Kemayoran yang bakal bertindak sebagai tuan rumah di laga tersebut. Duel antara duo kesebelasan nantinya dijadwalkan bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

“PSM dan Persija (berduel di laga pembuka). Jadi, ya tunggulah tajuknya apa. Itu ada (penjelasannya) kenapa harus PSM lawan Persija,” tutur Ferry.

“Bukan hanya (karena) ranking pertama dan ranking kedua, itu ada hal lain yang juga (menjadi alasan). Nantilah kita publish,” tambah dia pada Minggu (28/5/2023).

3 dari 4 halaman

PT LIB Sudah Lakukan Koordinasi Keamanan Jelang Liga 1 2023/2024

Sementara itu mengenai izin keamanan, Ferry Paulus mengeklaim PT LIB juga telah melakukan koordinasi dengan kepolisian. Pihaknya kini hanya tinggal melakukan finalisasi dalam waktu dekat.

“Kaitannya dengan proses perizinan, tadi sudah ada komunikasi sama Pak Asops (Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi) atas arahan bapak Kapolri,” papar Ferry.

“Minggu besok kita akan melakukan finalisasi. Sebelum tanggal 5, mudah-mudahan itu sudah bisa kita rilis (jadwalnya). Intinya baru itu,” tandas dia.

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga 1 Musim Lalu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.