Sukses

Mengejutkan, Toprak Razgatlioglu Tinggalkan Yamaha dan Gabung BMW di WSBK 2024

Toprak Razgatlioglu mencari tantangan baru dengan BMW pada WSBK 2024. Gagal gabung menjadi pembalap MotoGP di Yamaha disinyalir salah satu penyebab dia pindah.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Yamaha Toprak Razgatlioglu membuat keputusan mengejutkan karena mengakhiri kontraknya di Yamaha pada akhir musim ini. Pada WSBK 2024, Toprak setuju untuk gabung dengan BMW.

Ini menjadi tantangan baru bagi juara World Superbike 2021 ini. Di sisi lain para rival Jonathan Rea tetap di Kawasaki, sedangkan Alvaro Bautista bertahan di Ducati.

Kabar ini memang mengejutkan karena Toprak Razgatlioglu belum lama ini jajal motor MotoGP dengan Yamaha. Ini pula yang membuat dia diyakini akan terus bersama Yamaha.

Toprak Razgatlioglu mengikuti jejak eks Yamaha sebelumnya, Michael van der Mark yang juga pindah ke BMW pada 2021 lalu. BMW Motorrad Motorsport Director, Marc Bongers menyambut gembira kehadiran Toprak.

"Toprak tak diragukan lagi merupakan salah satu pembalap terbaik yang ada saat ini, itu dibuktikannya saat menjadi juara WSBK di 2021," katanya.

"Namun dia bukan hanya seorang pembalap motor yang cepat, dia juga punya kepribadian bagus di luar trek. Kami yakin Toprak akan langsung adaptasi dengan keluarga BMW," dia menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BMW Tim Ketiga Toprak

 

Toprak mengawali karier di WSBK dengan Kawasaki. BMW dengan demikian menjadi tim ketiganya di World Superbike.

Sering menang dengan Kawasaki dan Yamaha, Toprak kini diuji untuk mengantar BMW menjadi pesaing juara musim depan. Ini sesuatu yang sulit dilakukan Scott Redding.

"Selamat datang di keluarga BMW Motorrad Motorsport, Toprak Razgatlioglu. Kami senang menyambut dia gabung ke tim World Superbike kami musim depan," kata Head of BMW Motorrad, Dr Markus Schramm.

"Saya bangga Toprak memilih gabung BMW Motorrad. Ini menjadi salah satu langkah maju di proyek kami dan komitmen kuat BMW di World Superbike."

 

3 dari 3 halaman

Penyebab Toprak Pergi dari Yamaha

 

Tak jelas apa yang menyebabkan Toprak pergi dari Yamaha yang sudah dibelanya selama empat musim. Rasa kecewa karena tidak tampil di MotoGP disinyalir menjadi salah satu penyebab.

Yamaha sendiri mencoba untuk mempertahankan dia. Namun Toprak menolak tawaran besar dari tim garpu tala itu.

"Saya ingin mengucapkan terimakasih untuk seluruh keluarga Yamaha untuk respek dan cinta yang sudah diberikan kepada saya," kata Toprak.

"Bisa menjadi juara World Superbike merupakan mimpi saya saat tabung yamaha dan kami meraihnya bersama-sama."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.